RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 3 OKTOBER 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 3 OKTOBER 2023

Hari biasa

Za. 8:20-23; Mzm. 87:1-3,4-5,6-7; Luk. 9:51-56.

BcO 2Raj. 17:1-18

Warna Liturgi Hijau

Ketika hampir genap waktunya Yesus diangkat ke sorga, Ia mengarahkan pandangan-Nya untuk pergi ke Yerusalem, dan Ia mengirim beberapa utusan mendahului Dia. Mereka itu pergi, lalu masuk ke suatu desa orang Samaria untuk mempersiapkan segala sesuatu bagi-Nya. Tetapi orang-orang Samaria itu tidak mau menerima Dia, karena perjalanan-Nya menuju Yerusalem. Ketika dua murid-Nya, yaitu Yakobus dan Yohanes, melihat hal itu, mereka berkata: "Tuhan, apakah Engkau mau, supaya kami menyuruh api turun dari langit untuk membinasakan mereka?" Akan tetapi Ia berpaling dan menegor mereka. Lalu mereka pergi ke desa yang lain.

Renungan :

Dalam Injil Lukas, kita mengenal kisah populer yaitu Orang Samaria yang Baik Hati. Kisah ini populer karena Penginjil Lukas dengan sangat gamblang memberikan gambaran tentang siapa sesama itu dan siapakah Yesus di matanya: Yesuslah sebenarnya sosok orang Samaria yang baik hati. Hari ini, Injil Lukas menampilkan versi lain orang Samaria, yaitu sosok yang menolak kehadiran Yesus. Santo Lukas menampilkan seorang pribadi yang menolak kehadiran Tuhan di dalam hidupnya. 

Pengalaman traumatik dan duka akibat pandemi Covid- 19 tidak bisa dimungkiri. Dalam hal ekonomi, baik dalam skala lokal maupun global, banyak yang mengalami krisis bahkan bangkrut. Secara iman, banyak yang mempertanyakan, 'Mengapa Tuhan membiarkan pandemi terjadi? Di mana kuasa Tuhan?' Pertanyaan ini mengantar orang pada keputusan menolak kehadiran Tuhan dalam hidup. Itulah gambaran yang terjadi saat ini. 

Yakobus dan Yohanes memberikan reaksi terhadap orang yang jelas-jelas menolak kehadiran Yesus, "Tuhan, apakah Engkau mau supaya kami menyuruh api turun dari langit untuk membinasakan mereka?" Akan tetapi, la berpaling dan menegur mereka. Yesus ingat akan misi-Nya datang ke dunia, "Aku datang bukan untuk menghakimi, melainkan menyelamatkan." Keselamatan orang-orang menjadi prioritas misi-Nya. Maka, terhadap orang Samaria yang menolak-Nya, justru Yesus memberikan kesempatan untuk bertobat. Dalam Bacaan Pertama, yaitu Kitab Zakharia, dengan tegas dikatakan di sana: "Carilah Tuhan! Pertobatan, itulah yang dikehendaki oleh Allah Bapa dan Yesus sendiri." 

Ya Allah, berikanlah keberanian dalam diri kami masing-masing untuk bertobat dengan mencari Engkau dan singkirkanlah kecenderungan kami untuk mengubah dan menyalahkan orang lain. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 3 OKTOBER 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel