RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 11 SEPTEMBER 2023)


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SENIN, 11 SEPTEMBER 2023

PEKAN BIASA XXIII

Hari biasa

Kol. 1:24-2:3; Mzm. 62:6-7,9; Luk. 6:6-11.

BcO Am. 8:1-14

Warna Liturgi Hijau

Pada suatu hari Sabat lain, Yesus masuk ke rumah ibadat, lalu mengajar. Di situ ada seorang yang mati tangan kanannya. Ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi mengamat-amati Yesus, kalau-kalau Ia menyembuhkan orang pada hari Sabat, supaya mereka dapat alasan untuk mempersalahkan Dia. Tetapi Ia mengetahui pikiran mereka, lalu berkata kepada orang yang mati tangannya itu: "Bangunlah dan berdirilah di tengah!" Maka bangunlah orang itu dan berdiri. Lalu Yesus berkata kepada mereka: "Aku bertanya kepada kamu: Manakah yang diperbolehkan pada hari Sabat, berbuat baik atau berbuat jahat, menyelamatkan nyawa orang atau membinasakannya?" Sesudah itu Ia memandang keliling kepada mereka semua, lalu berkata kepada orang sakit itu: "Ulurkanlah tanganmu!" Orang itu berbuat demikian dan sembuhlah tangannya. Maka meluaplah amarah mereka, lalu mereka berunding, apakah yang akan mereka lakukan terhadap Yesus.

Renungan :

Dalam Bacaan Pertama, Paulus bersukacita atas pelayanannya termasuk ketika ia menderita. Penderitaannya adalah penderitaan Kristus, penderitaan yang tak terhindarkan yang menyertai misi setiap pengikut Kristus. Sementara dalam Injil hari ini, Yesus harus menghadapi luapan amarah orang-orang yang tidak senang kepada-Nya, karena la telah menunjukkan kebenaran kepada mereka yaitu bagaimana menjalankan praktik keagamaan secara tepat, misalnya selalu berbuat baik meskipun itu pada hari Sabat. 

Sebagai orang Katolik yang hidup dalam keberagaman agama dan kepercayaan, apakah kita masih mampu melakukan kebaikan ketika karya kemanusiaan yang kita lakukan dituduh sebagai usaha kristenisasi? Apakah kita masih mau memberi ucapan selamat hari raya keagamaan kepada pemeluk agama lain ketika mereka dilarang memberi ucapan selamat hari Natal kepada kita? Kita perlu menyatakan kepada yang lain bahwa di atas praktik keagamaan masing-masing agama ada kebaikan universal yang perlu dijunjung tinggi oleh setiap manusia. Itulah tuntutan Injil hari ini. Kita harus siap menghadapi cemoohan, perlawanan, bahkan penganiayaan. Semoga kita tetap bersukacita meskipun mengalami kesulitan dan penderitaan karena Yesus dan Injil-Nya. 

Ya Tuhan, bantulah kami selalu mengingatjanji-Mu ini: Berbahagialah, jika karena Aku kamu dicela, dianiaya dan difitnah. Bersukacita dan bergembiralah, karena upahmu besar di surga. Amin. 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 11 SEPTEMBER 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel