RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 9 SEPTEMBER 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU, 9 SEPTEMBER 2023

Petrus Klaver

Kol. 1:21-23; Mzm. 54:3-4,6,8; Luk. 6:1-5.

BcO Am. 5:18 - 6:14

Warna Liturgi Hijau

Pada suatu hari Sabat, ketika Yesus berjalan di ladang gandum, murid-murid-Nya memetik bulir gandum dan memakannya, sementara mereka menggisarnya dengan tangannya. Tetapi beberapa orang Farisi berkata: "Mengapa kamu berbuat sesuatu yang tidak diperbolehkan pada hari Sabat?" Lalu Yesus menjawab mereka: "Tidakkah kamu baca apa yang dilakukan oleh Daud, ketika ia dan mereka yang mengikutinya lapar, bagaimana ia masuk ke dalam Rumah Allah dan mengambil roti sajian, lalu memakannya dan memberikannya kepada pengikut-pengikutnya, padahal roti itu tidak boleh dimakan kecuali oleh imam-imam?" Kata Yesus lagi kepada mereka: "Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat."

Renungan :

Paulus hari ini mengajak kita untuk tetap bertekun, tetap teguh dan tidak guncang dalam mempertahankan keadaan kita yang kudus, tak bercela dan tak bercacat di hadapan Tuhan (Kol 1:22-23). Akan tetapi, Yesus dalam Injil mengajar kita untuk tidak menyamakan kekudusan itu dengan praktik ritual keagamaan. Yesus tidak melarang praktik ritual keagamaan, tetapi la mencela pelaksanaannya yang munafik, kasar dan intoleran. Warung ditutup bahkan dirusak supaya tidak membatalkan puasa orang-orang yang sedang berpuasa, padahal ada orang lapar dan perlu makan karena masih harus bekerja keras. Kita memaki orang karena salah mengucapkan rumusan doa, karena lupa berlutut, atau karena berpakaian tidak pantas. Kemarahan dan kebencian yang muncul karena praktik ritual membuat ritual itu tidak bermanfaat. 

Kekudusan mengandaikan perbuatan baik dan pertobatan. Ikut berbagai macam kegiatan rohani tidak akan menghilangkan kebencian kita terhadap sesama, kecuali jika kita berani memaafkan. Segala macam devosi tidak akan menyelesaikan masalah, kecuali jika kita bertindak dan mencari solusinya. Segala macam pantang dan puasa tidak akan menjauhkan hawa nafsu, jika kita tidak menjauhi hiburan yang tidak pantas. Perasaan berdosa hilang ketika kita meminta maaf. Doa kita menjadi mujarab jika kita membantu yang miskin dan sakit. 

Ya Tuhan, bantulah kami agar senantiasa giat berdoa dan bekerja. Amin

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 9 SEPTEMBER 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel