RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 20 SEPTEMBER 2023)


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

RABU, 20 SEPTEMBER 2023

Peringatan Wajib St. Andreas Kim Taegan dan Paulus Chang Hasang

1Tim. 3:14-16;

Mzm. 111:1-2,3-4,5-6;

Luk. 7:31-35;

Warna Liturgi Merah

Kata Yesus: "Dengan apakah akan Kuumpamakan orang-orang dari angkatan ini dan dengan apakah mereka itu sama? Mereka itu seumpama anak-anak yang duduk di pasar dan yang saling menyerukan: Kami meniup seruling bagimu, tetapi kamu tidak menari, kami menyanyikan kidung duka, tetapi kamu tidak menangis. Karena Yohanes Pembaptis datang, ia tidak makan roti dan tidak minum anggur, dan kamu berkata: Ia kerasukan setan. Kemudian Anak Manusia datang, Ia makan dan minum, dan kamu berkata: Lihatlah, Ia seorang pelahap dan peminum, sahabat pemungut cukai dan orang berdosa. Tetapi hikmat dibenarkan oleh semua orang yang menerimanya."

Renungan :

Tuhan berupaya mendekati manusia dengan berbagai cara. Dalam Bacaan Pertama, kita dapat melihat salah satunya, yaitu "menyatakan diri-Nya dalam rupa manusia" (1 Tim. 3:16). Ini yang kita sebut inkarnasi dan ini adalah misteri iman kita. Banyak orang tidak mengerti bahwa Sang Sabda lahir di tengah manusia, bahkan dalam Injil hari ini, la menjadi Sahabat orang berdosa (bdk. Luk. 7:34). Yesus, Firman yang menjadi manusia, hadir di tengah kita supaya kita bertobat. la datang menjadikan kita kembali sebagai anak-anak Bapa-Nya. Bapa tidak menghendaki kehancuran kita. la selalu menginginkan yang baik dari kita. la membenci dosa, tetapi la berupaya supaya pendosa bertobat. 

Gereja adalah lanjutan dari kehadiran Yesus di dunia. Dalam Gereja ada Sakramen Ekaristi yang mengantisipasi perjamuan Anak Domba di surga. Dengan Sakramen Tobat, kita secara nyata menerima pengampunan Tuhan. Semua orang diundang masuk ke dalamnya supaya semua boleh menikmati sakramen-sakramen tersebut. Itulah sebabnya Gereja tidak henti-hentinya mewartakan Injil ke semua orang. Kita ikut ambil bagian dalam tugas perutusan Gereja tersebut ketika kita giat membaca kitab-kitab Injil, bercerita tentang Yesus kepada anak cucu kita dan mereka yang belum mengenal Yesus, melaksanakan perintah Tuhan dan tetap teguh berharap pada janji-janji-Nya. 

Ya Bapa, sentoga semakin banyak anak muda yang punya hati menjadi imam Gereja-Mu. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 20 SEPTEMBER 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel