RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 26 AGUSTUS 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU, 26 AGUSTUS 2023

Hari biasa XXI

Rut. 2:1-3,8-11;4:13-17;

Mzm. 128:1-2,3,4,5;

Mat. 23:1-12.

Warna Liturgi Hijau

Maka berkatalah Yesus kepada orang banyak dan kepada murid-murid-Nya, kata-Nya: "Ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi telah menduduki kursi Musa. Sebab itu turutilah dan lakukanlah segala sesuatu yang mereka ajarkan kepadamu, tetapi janganlah kamu turuti perbuatan-perbuatan mereka, karena mereka mengajarkannya tetapi tidak melakukannya. Mereka mengikat beban-beban berat, lalu meletakkannya di atas bahu orang, tetapi mereka sendiri tidak mau menyentuhnya. Semua pekerjaan yang mereka lakukan hanya dimaksud supaya dilihat orang; mereka memakai tali sembahyang yang lebar dan jumbai yang panjang; mereka suka duduk di tempat terhormat dalam perjamuan dan di tempat terdepan di rumah ibadat; mereka suka menerima penghormatan di pasar dan suka dipanggil Rabi. Tetapi kamu, janganlah kamu disebut Rabi; karena hanya satu Rabimu dan kamu semua adalah saudara. Dan janganlah kamu menyebut siapapun bapa di bumi ini, karena hanya satu Bapamu, yaitu Dia yang di sorga. Janganlah pula kamu disebut pemimpin, karena hanya satu Pemimpinmu, yaitu Mesias. Barangsiapa terbesar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu. Dan barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan.

RENUNGAN

Tuhan menghendaki ketulusan bukan kemunafikan. la menyukai penerimaan jujur bukan kepalsuan. la menerima semua orang, tidak membeda-bedakan, bahkan melibatkan semua dalam karya penyelamatan-Nya. Kisah hidup Rut, menantu Naomi, yang hidup sebagai perempuan asing yang diterima dengan penuh kasih bahkan diperistri Boas sungguh menunjukkan penerimaan penuh kasih, tidak membeda-bedakan dan bahkan dari keturunannyalah lahir Daud yang kelak menjadi Raja Israel. Tuhan sungguh menunjukkan kasih-Nya dengan cara sempurna. 

Pesan yang sama secara lebih tegas disampaikan Yesus dalam Injil yang kita dengarkan hari ini. Orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat yang seharusnya dijunjung dan disanjung tinggi karena pangkat dan jabatan mereka, dikritik Yesus dengan sangat keras. la mengecam kemunafikan, ketidaktulusan, kepalsuan, ketidakadilan, kesombongan dan kebiasaan mereka meninggikan diri dan mengambil keuntungan untuk diri sendiri. Yesus sungguh menegur mereka dengan sangat keras karena apa yang mereka perbuat sungguh jauh dari Kerajaan Allah. 

Hari ini, kita semua diajak merefleksikan diri, apakah sifat-sifat yang dikritik Yesus pada orang Farisi dan Ahli Taurat juga kita miliki atau tidak. Jika ya, jangan khawatir, Tuhan tidak akan memperlakukan kita sebagai orang asing, la akan tetap menerima kita, asal kita bertekad untuk kembali mencintai dengan tulus. 

Tuhan, ajarlah kami agar senantiasa tulus, tidak munafik dan selalu fokus pada kehendak-Mu. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 26 AGUSTUS 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel