RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 25 AGUSTUS 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 25 AGUSTUS 2023

Ludovikus, Yosef dr Calasanz

Rut. 1:1,3-6,14b-16,22;

 Mzm. 146:5-6,7,8-9a,9bc-10;

 Mat. 22:34-40.

Warna Liturgi Hijau

Ketika orang-orang Farisi mendengar, bahwa Yesus telah membuat orang-orang Saduki itu bungkam, berkumpullah mereka dan seorang dari mereka, seorang ahli Taurat, bertanya untuk mencobai Dia: "Guru, hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat?" Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."

RENUNGAN:

Sepasang calon suami-istri ditanyai pastor raroki yang sedang mempersiapkan pernikahan mereka, "Mengapa Anda berdua ingin menikah?" Mendapat pertanyaan ini, keduanya spontan menjawab, "Karena kami saling mencintai." Pastor kembali bertanya, "Saling mencintai ya, sekarang apa itu cinta?" Keduanya bingung merumuskan cinta yang mereka miliki dan ungkapkan satu sama lain. Namun, mereka akhirnya mengatakan, "Pokoknya, Romo, kami mau membuat pasangan kami bahagia, itulah yang kami pahami tentang cinta." 

Cinta memang kadang sulit dirumuskan; lebih mudah dirasakan dan dinyatakan. Calon pasutri tadi merumuskan dengan sederhana; cinta adalah membuat orang lain bahagia. Artinya, di dalam cinta ada pemberian, penyangkalan, bahkan penyerahan diri sepenuhnya. Inilah yang dinyatakan oleh Rut kepada mertuanya, Naomi, seperti yang kita dengarkan dalam Bacaan Pertama hari ini. la bersedia menyerahkan seluruh diri dan imannya kepada hidup dan iman Naomi, mertuanya. 

Dan inilah hukum terutama yang diajarkan Yesus, yakni mengasihi Allah dan mengasihi sesama manusia dengan segenap hati, jiwa dan akal budi. Artinya, memberi seluruh diri untuk Tuhan dan sesama. Di situlah terletak kebahagiaan dan keselamatan kita. 

Ya Bapa, ajarlah kami semakin mencintai, memberikan diri kami kepada-Mu dan sesama, seperti sudah ditunjukkan Yesus, Putra-Mu. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 25 AGUSTUS 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel