RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 19 AGUSTUS 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU, 19 AGUSTUS 2023

Yohanes Eudes (Warna Liturgi Hijau)

Yos. 24:14-29;

Mzm. 16:1-2a,5,7-8,11;

Mat. 19:13-15.

Lalu orang membawa anak-anak kecil kepada Yesus, supaya Ia meletakkan tangan-Nya atas mereka dan mendoakan mereka; akan tetapi murid-murid-Nya memarahi orang-orang itu. Tetapi Yesus berkata: "Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepada-Ku; sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Sorga." Lalu Ia meletakkan tangan-Nya atas mereka dan kemudian Ia berangkat dari situ.

RENUNGAN:

Yosua meminta umat Israel setia beribadah kepada Tuhan, tidak berpaling kepada allah lain dan tidak menyangkal Allah. Mereka diminta mengikat perjanjian, menjadi saksi dan senantiasa mendengarkan sabda Tuhan. la meminta supaya orang Israel membangun relasi yang tulus, jujur dan rendah hati agar mereka tetap beroleh keselamatan. 

Inti permintaan Yosua tidak jauh berbeda dengan maksud Yesus menunjuk kelompok anak-anak sebagai rujukan untuk menerangkan kelompok yang empunya Kerajaan Allah. Kelompok anak-anak bukanlah mereka yang berkedudukan tinggi dalam masyarakat; tidak diperhitungkan karena kekecilan mereka. Karena itu para murid memarahi orang tua yang membawa anak-anak kecil yang meminta Yesus meletakkan tangan-Nya di atas kepala mereka. Yesus menegur para murid, "Jangan menghalang-halangi mereka datang kepada-Ku, sebab orang-orang seperti itulah yang empunya Kerajaan Surga." 

Anak-anak memiliki kepolosan, ketulusan, tidak berprasangka buruk, bersahabat dan suka mendengarkan. Mereka tidak dikuasai oleh pikiran negatif. Marilah belajar dari kepolosan dan kejujuran anak kecil agar kita dapat selalu hidup dalam kebahagiaan karena diberi hak memiliki kerajaan Allah. 

Tuhan, ajarlah kami untuk setia dan gembira sebagaimana anak-anak kecil yang setia dan bersukacita. Amin. 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 19 AGUSTUS 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel