RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 20 AGUSTUS 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

MINGGU, 20 AGUSTUS 2023

Hari Minggu Biasa XX

Yes. 56:1,6-7;

Mzm. 67:2-3,5,6,8;

Rm. 11:13-15,29-32;

Mat. 15:21-28.

Warna Liturgi Hijau

Lalu Yesus pergi dari situ dan menyingkir ke daerah Tirus dan Sidon. Maka datanglah seorang perempuan Kanaan dari daerah itu dan berseru: "Kasihanilah aku, ya Tuhan, Anak Daud, karena anakku perempuan kerasukan setan dan sangat menderita." Tetapi Yesus sama sekali tidak menjawabnya. Lalu murid-murid-Nya datang dan meminta kepada-Nya: "Suruhlah ia pergi, ia mengikuti kita dengan berteriak-teriak." Jawab Yesus: "Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel." Tetapi perempuan itu mendekat dan menyembah Dia sambil berkata: "Tuhan, tolonglah aku." Tetapi Yesus menjawab: "Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing." Kata perempuan itu: "Benar Tuhan, namun anjing itu makan remah-remah yang jatuh dari meja tuannya." Maka Yesus menjawab dan berkata kepadanya: "Hai ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kaukehendaki." Dan seketika itu juga anaknya sembuh.

RENUNGAN :

Status dan jabatan bukan penentu utama kebaikan. Orang berstatus dan berjabatan tinggi belum tentu berhati tulus, berbudi luhur dan bertindak jujur. Memang status dan posisi tinggi membuat seseorang memiliki kuasa yang diberikan untuk mempermudahnya melayani, berbagi dan menyelamatkan, tetapi kerap 'kuasa" digunakan secara egois dan akhirnya tidak setia pada misi kekuasaannya. 

Israel adalah bangsa terpilih yang berstatus tinggi di mata Tuhan. Akan tetapi, status saja tidak cukup bagi mereka untuk selamat. Tuhan meminta mereka taat hukum dan menegakkan keadilan. Bahkan Tuhan berkenan bukan hanya pada korban bakaran umat Israel, melainkan juga pada orang-orang asing yang bergabung melayani-Nya. Rumah Tuhan bukan hanya rumah doa bagi bangsa Israel, namun juga Rumah Doa bagi segala bangsa. Semua bangsa beroleh keselamatan. Karena Tuhan sungguh menunjukkan kemurahan-Nya bukan hanya kepada bangsa Yahudi, melainkan juga kepada semua, sebagaimana kesaksian Paulus dalam Bacaan Kedua, bahwa la adalah rasul untuk bangsa-bangsa bukan Yahudi. 

Perempuan Kanaan beroleh keselamatan, anaknya sembuh, padahal ia tidak berstatus dan berkedudukan tinggi, bahkan bukan orang Yahudi, namun ia tetap beriman. Yesus menyapanya, "Hai Ibu, besar imanmu." Iman yang menyelamatkannya, bukan statusnya. 

Tuhan, tambahkanlah iman kami agar menjadi orang yang taat hukum dan mampu menegakkan keadilan. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 20 AGUSTUS 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel