RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 18 JULI 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 18 JULI 2023

Kel. 2:1-15a;

Mzm. 69:3,14,30-31,33-34;

Mat. 11:20-24.

Lalu Yesus mulai mengecam kota-kota yang tidak bertobat, sekalipun di situ Ia paling banyak melakukan mujizat-mujizat-Nya: "Celakalah engkau Khorazim! Celakalah engkau Betsaida! Karena jika di Tirus dan di Sidon terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, sudah lama mereka bertobat dan berkabung. Tetapi Aku berkata kepadamu: Pada hari penghakiman, tanggungan Tirus dan Sidon akan lebih ringan dari pada tanggunganmu. Dan engkau Kapernaum, apakah engkau akan dinaikkan sampai ke langit? Tidak, engkau akan diturunkan sampai ke dunia orang mati! Karena jika di Sodom terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, kota itu tentu masih berdiri sampai hari ini. Tetapi Aku berkata kepadamu: Pada hari penghakiman, tanggungan negeri Sodom akan lebih ringan dari pada tanggunganmu."

RENUNGAN:

Dua tokoh dalam bacaan hari ini adalah Musa dan Yesus. Keduanya sama-sama ingin mengangkat sesamanya dari penderitaan. Musa ingin mengangkat penderitaan sesamanya, sebab ia sudah lebih dahulu punya pengalaman 'diangkat'. la diangkat menjadi anak oleh putri Firaun. "Ketika anak itu telah besar, dibawanya kepada putri Firaun, yang mengangkatnya menjadi anaknya dan menamainya Musa" (ay. 10). Bagi Musa, sesamanya adalah pribadi yang harus dijunjung lebih tinggi. 

Sebagaimana Musa mengangkat orang Ibrani yang dipukuli itu, Yesus pun mengangkat orang-orang Tirus dan Sidon karena sudah bertobat. Bagaimana jalan agar kita bisa diangkat oleh Allah? Pertobatan merupakan cara kita terhindar dari kebinasaan. Pembaptisan membuat kita diangkat menjadi anak Allah. Pertobatan membuat kita tetap tinggal dalam Allah. Maka, sejauh mana kita memperbaiki sikap dari hari ke hari? 

Bapa, kami sadar bahwa kesalahan dan cacat cela kami tak terhitung banyaknya. Namun, kasih-Mu tak terbatas dan selalu ada ruang yang Kauberikan agar kami bisa memperbaiki kesalahan itu. Tolonglah kami, ya Bapa, agar berani bertobat hari demi hari. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 18 JULI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel