RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 18 JUNI 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

MINGGU, 18 JUNI 2023

MINGGU BIASA XI (PUTIH)

BACAAN I : Kel. 19:2-6a

MAZMUR : 100:2.3.5;

BACAAN II : Rm. 5:6-11

BACAAN INJIL: Matius 9:36-10:8

Melihat orang banyak itu, tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka lelah dan terlantar seperti domba yang tidak bergembala. Maka kata-Nya kepada murid-murid-Nya: "Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu." Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan. Inilah nama kedua belas rasul itu: Pertama Simon yang disebut Petrus dan Andreas saudaranya, dan Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, Filipus dan Bartolomeus, Tomas dan Matius pemungut cukai, Yakobus anak Alfeus, dan Tadeus, Simon orang Zelot dan Yudas Iskariot yang mengkhianati Dia. Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: "Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel. Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat. Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma.

RENUNGAN:

Agar misi atau pewartaan kita berhasil, tidak cukup hanya mengandalkan semangat berkobar-kobar. Diperlukan pula 'manajemen' misi yang baik: siapa yang disasar, mana yang perlu diprioritaskan, siapa yang siap diutus, pesan apa yang hendak disampaikan, sarana apa yang diperlukan, metode apa yang sesuai, spirit apa yang perlu dipegang, dan seterusnya. Ketika mengutus, sasaran Yesus jelas, yakni domba-domba yang hilang dari kawanan Israel. Yang diutus adalah 12 murid yang selama ini telah mengikuti dan mengenal-Nya. Pesan utama, yakni Kerajaan Allah sudah dekat. Sarana yang diberikan pada para murid adalah kuasa untuk mengusir roh jahat dan melenyapkan segala penyakit. Metode yang dipakai adalah mengajar dan menyembuhkan. Spiritnya, yakni gratuitas, kamu telah menerima secara cuma-cuma maka berikan juga secara cuma-cuma. 

Tahun ini Gereja Universal menyelenggarakan sinode. Tujuannya ialah berdiskresi bersama guna menemukan apa yang sekarang kiranya Tuhan Yesus kehendakl agar Gereja wartakan. Gereja merasa perlu menegaskan pesan-pesan yang signifikan, yang perlu digemakan Gereja saat ini, lebih melibatkan kaum awam dalam kerasulan, memperjelas sikap dan keberpihakannya serta menemukan cara-cara baru yang lebih partisipatif dan kreatif dalam mewujudkan Kerajaan Allah di tengah dunia yang terus berubah. Spiritnya ialah agar Gereja dapat menjadi Sakramen Keselamatan Universal" (LG S48). 

Ya Bapa, semoga kami sebagai anggota Gereja makin terlibat aktif mewujudkan kerajaan-Mu di tengah dunia. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 18 JUNI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel