RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 11 JUNI 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

MINGGU, 11 JUNI 2023

HR TUBUH DAN DARAH KRISTUS (PUTIH)

BACAAN I : Ul. 8:2-3.14b-16a

MAZMUR : 147:12-13.14-15.19-20;

BACAAN II : 1Kor. 10:16-17

BACAAN INJIL: Yohanes 6:51-58

Di rumah ibadat di Kapernaum Yesus berkata kepada orang banyak, “Akulah roti hidup yang telah turun dari surga. Jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya. Dan roti yang Kuberikan ialah daging-Ku, yang akan Kuberikan untuk hidup dunia.” Orang-orang Yahudi bertengkar antar mereka sendiri dan berkata, “Bagaimana Yesus ini dapat memberikan daging-Nya kepada kita untuk dimakan!” Maka kata Yesus kepada mereka, “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya, jikalau kamu tidak makan daging Anak Manusia dan minum darah-Nya, kamu tidak mempunyai hidup di dalam dirimu. Barang-siapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia mempunyai hidup yang kekal, dan Aku akan membangkitkan dia pada akhir zaman. Sebab Daging-Ku adalah benar-benar makanan, dan Darah-Ku adalah benar-benar minuman. Barangsiapa makan Daging-Ku dan minum Darah-Ku, ia tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia. Sama seperti Bapa yang hidup mengutus Aku, dan Aku hidup oleh Bapa, demikian juga barangsiapa memakan Aku, ia akan hidup oleh Aku. Akulah roti yang telah turun dari surga, bukan roti seperti yang dimakan nenek moyangmu dan mereka telah mati. Barangsiapa makan roti ini, ia akan hidup selama-lamanya.”

RENUNGAN:

Pada tahun 2021 tercatat 5,33 juta balita Indonesia menderita stunting atau kekurangan asupan bergizi. Stunting menyebabkan anak tidak dapat tumbuh secara penuh dan berisiko menjadi kerdil. Ironisnya, pada tahun 2022 juga tercatat 1 dari 5 anak Indonesia di bawah usia 12 tahun justru mengalami obesitas. Fenomena ini tidak hanya menunjukkan belum meratanya kesejahteraan, tetapi juga lemahnya literasi tentang makanan yang sehat dan bergizi. Agar tumbuh sehat dan bahagia, orang tidak hanya perlu makan sampai kenyang, tetapi juga harus mengonsumsi makanan yang bergizi dan dengan kuantitas yang terukur. Pada akhirnya, kita adalah apa yang kita makan. 

Allah menghendak agar manusia tidak hanya sehat secara fisik, tetapi juga secara moral dan spiritual. la mengutus Putra Tunggal-Nya menjelma, bukan hanya untuk mewahyukan Allah Bapa, melainkan juga untuk menjadi makanan spiritual bagi manusia agar "barang siapa yang memakan Aku, akan hidup oleh Aku" (ay. 57). Tubuh Kristus adalah makanan kehidupan kekal. Jika orang Israel makan manna di gurun dan mati, mereka yang makan Tubuh Kristus akan hidup selama-lamanya. Dalam Ekaristi kita makan tubuh Kristus sehingga Kristus tinggal di dalam kita dan kita di dalam Dia. Tubuh Kristus menyatukan kita dengan-Nya supaya kita hidup seperti Dia yang telah kita santap. Sudahkah kita hidup seperti Kristus? Bila angka stunting di Indonesia masih tinggi, dan kita berdiam diri saja, kiranya kita perlu introspeksi diri: apakah kita sudah hidup oleh Kristus. 

Ya Bapa, kami bersyukur boleh menyantap Tubuh Putra-Mu. Semoga kami semakin menyerupai Dia dalam perilaku kami. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 11 JUNI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel