RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 8 JUNI 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 8 JUNI 2023

PEKAN BIASA IX(Hijau)

B. Maria Drozte

BACAAN I: Tob. 6:10-11.7:1.6.8-13; 18.1.5-9

MAZMUR: 123:1-2.3.4-5;

BACAAN INJIL: Injil Markus 12:28b-34

Lalu seorang ahli Taurat, yang mendengar Yesus dan orang-orang Saduki bersoal jawab dan tahu, bahwa Yesus memberi jawab yang tepat kepada orang-orang itu, datang kepada-Nya dan bertanya: "Hukum manakah yang paling utama?" Jawab Yesus: "Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa. Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu. Dan hukum yang kedua ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Tidak ada hukum lain yang lebih utama dari pada kedua hukum ini." Lalu kata ahli Taurat itu kepada Yesus: "Tepat sekali, Guru, benar kata-Mu itu, bahwa Dia esa, dan bahwa tidak ada yang lain kecuali Dia. Memang mengasihi Dia dengan segenap hati dan dengan segenap pengertian dan dengan segenap kekuatan, dan juga mengasihi sesama manusia seperti diri sendiri adalah jauh lebih utama dari pada semua korban bakaran dan korban sembelihan." Yesus melihat, bagaimana bijaksananya jawab orang itu, dan Ia berkata kepadanya: "Engkau tidak jauh dari Kerajaan Allah!" Dan seorangpun tidak berani lagi menanyakan sesuatu kepada Yesus.

RENUNGAN:

Jika seseorang berkata bahwa ia mengasihi Allah, namun ia membenci saudaranya maka ia bohong (bdk. 1Yoh. 4:20). Jangan lupa bahwa tiap manusia adalah Citra Allah sendiri. Hal senada ditegaskan oleh Yesus hari ini: "Mengasihi sesama manusia seperti diri sendiri adalah jauh lebih utama daripada semua korban bakaran dan korban sembelihan" (ay. 33). Tidak sedikit orang beragama yang mengikuti aturan agama secara mendetail dan sangat ketat terkait tata cara beribadah, tata cara berpakaian, dan bahkan tata cara makan dan berbicara. Memang itu semua bisa membantu menumbuhkan rasa bakti pada Allah. Akan tetapi, bila semua itu tidak dibarengi dengan kasih pada sesama (solider, peduli, toleran, hormat), termasuk sesama yang berbeda keyakinan, semuanya tidak berharga di mata Allah. Tak jarang orang-orang tersebut merasa lebih beragama, lebih suci, sehingga merendahkan atau bahkan memusuhi sesama yang tidak seperti mereka. 

Hari ini Yesus mengingatkan kita tentang apa yang paling esensial dalam hidup kita sebagai anak-anak Allah, yaitu kasih pada sesama dan kepada Tuhan. Menolong yang miskin dan menderita, menyapa yang sendiri dan kesepian, merawat yang sakit atau berkebutuhan khusus, atau mendengarkan yang sedang galau merupakan suatu ibadah yang berkenan di hati Allah. Santo Paulus mengingatkan bahwa kata-kata pujian yang puitis, bahasa Roh yang magis, dan bahkan kemampuan bernubuat sekalipun bila tidak dijiwai oleh kasih akan menjadi sia-sia belaka (bdk. 1Kor. 13). Semua akan musnah, kecuali kasih karena kasih adalah Allah sendiri. 

Ya Tuhan, ajarlah kami agar dapat mengasihi-Mu secara benar. Amin. 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 8 JUNI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel