RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 23 JUNI 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 23 JUNI 2023

PEKAN BIASA XI (HIJAU)

St. Yosephus Kafasso

BACAAN I : 2Kor. 11:18.21b-30

MAZMUR: 103:1-2.3-4.6-7.8.10;

BACAAN INJIL: Matius 6:19-23

"Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya. Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya. Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada. Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.

RENUNGAN

Jangan menilai sesuatu dari bentuknya, tetapi dari substansinya. Jika dinilai dari bentuk luar yang kasat mata, Paulus hanya mengalami kekalahan demi kekalahan, penderitaan demi penderitaan. Dalam Bacaan Pertama, Paulus bercerita ia sering dipenjara, didera di luar batas, disesah orang Yahudi, dilempari batu, terkatung-katung di laut, mengalami karam kapal, dan seterusnya (ay.23-27). Dalam kacamata duniawi, semua itu adalah bentuk kelemahan belaka. Akan tetapi, bila dilihat dalam kacamata iman, semua yang tampak sebagai kelemahan itu justru adalah alasan untuk bermegah. Sebab, pada substansinya, semua itu diderita dan ditanggung oleh Paulus demi mewartakan Kristus. Bagi orang beriman, salib bukan kekalahan yang memalukan, melainkan kemenangan yang membanggakan. 

Dalam bahasa Injil hari ini, Paulus tidak sedang mengumpulkan harta di bumi yang dapat dimakan ngengat dan dicuri orang, tetapi mengumpulkan harta di surga yang tak lekang oleh karat dan tak dapat dicuri orang. Yesus dan Paulus tidak meremehkan arti penting harta di bumi. Karena itulah selama merasul, Paulus juga menjadi tukang tenda agar dapat membiayai hidupnya sendiri. Yesus pun menerima bantuan dari para perempuan kaya yang mengikuti-Nya (Luk.8:3) dan bahkan menunjuk Yudas Iskariot sebagai bendahara para rasul (Yoh. 13:29). Harta di dunia penting dan diperlukan untuk hidup layak, namun itu bukan yang paling substansial. Bila kita bersedia berjuang demi harta duniawi yang fana, lalu beranikah kita berjuang demi harta surgawi yang kekal? 

Bapa, semoga kami ingat untuk mengumpulkan harta surgawi dan tidak hanya asikmengejar harta duniawi. Amin


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 23 JUNI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel