RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 30 MEI 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 30 MEI 2023

PEKAN BIASA VIII (HIJAU)

B. Maria Wieka; B. Baptista Varani

BACAAN I: Sir. 35:1-12

MAZMUR: 50:5-6.7-8.14.23;

BACAAN INJIL: Markus 10:28-31

Berkatalah Petrus kepada Yesus: "Kami ini telah meninggalkan segala sesuatu dan mengikut Engkau!" Jawab Yesus: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya setiap orang yang karena Aku dan karena Injil meninggalkan rumahnya, saudaranya laki-laki atau saudaranya perempuan, ibunya atau bapanya, anak-anaknya atau ladangnya, orang itu sekarang pada masa ini juga akan menerima kembali seratus kali lipat: rumah, saudara laki-laki, saudara perempuan, ibu, anak dan ladang, sekalipun disertai berbagai penganiayaan, dan pada zaman yang akan datang ia akan menerima hidup yang kekal. Tetapi banyak orang yang terdahulu akan menjadi yang terakhir dan yang terakhir akan menjadi yang terdahulu."

RENUNGAN:

Kitab Putra Sirakh mengingatkan kita bahwa Tuhan berkenan kepada manusia yang tidak hidup bagi dirinya sendiri, tetapi berusaha hidup benar dan setia mengikuti jalan Tuhan Penekanannya bukan pada kebenaran, melainkan pada persembahan diri kepada Tuhan sebagai tanggapan atas kasih Tuhan. Dalam Kitab Kebijaksanaan dan nabi-nabi juga sering dikatakan bahwa Allah menghendaki persembahan hati remuk redam dan belas kasih, bukan persembahan lahiriah tanpa kasih. 

Persembahan diri karena kasih ini pula yang ditegaskan oleh Tuhan Yesus dalam sabda mengenai meninggalkan segala sesuatu karena Kristus dan Injil. Pertanyaan bagi setiap orang beriman adalah apakah Tuhan sungguh kita tempatkan di atas segalanya? Tuhan mengingatkan kita untuk berani melepaskan keterikatan pada segala sesuatu dan menjadikan Tuhan sebagai yang paling berharga dan yang kita cintai melebihi segala sesuatu. 

Ya Allah, ajarlah kami untuk tulus mengasihi-Mu dan semoga hidup kami dapat menjadi persembahan yang berkenan kepada-Mu. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 30 MEI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel