RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 3 MEI 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

RABU, 3 MEI 2023

OKTAF PASKAH IV 

PESTA St. Filipus dan Yakobus (Merah)

BACAAN I: 1Kor. 15:1-8

MAZMUR: 19:2-3.4-5

BACAAN INJIL: Injil Yohanes 14:6-14

Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia." Kata Filipus kepada-Nya: "Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami." Kata Yesus kepadanya: "Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami. Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya. Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa; dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya."

Renungan :

Permintaan Santo Filipus kiranya mewakili kerinduan banyak orang beriman: "Tuhan, tunjukkanlah Bapa kepada kami, itu sudah cukup bagi kami." Manusia berharap mengenal dengan jelas dan gamblang siapa Allah yang menjadi asal dan tujuan hidupnya. Mengenal-Nya dengan jelas niscaya dapat membuat jalan hidup manusia lebih jelas pula. Namun, bukankah Allah sudah selalu hadir di depan mata kita setiap waktu? Demikian jawaban Yesus menyentak para murid-Nya. Yesus adalah gambar Allah yang sejati. 

Santo Paulus juga mengingatkan kita bahwa Yesus yang menderita, wafat, dan bangkit itu adalah wajah Allah yang teramat jelas dinyatakan kepada kita. Mungkin Santo Filipus dan para murid Yesus, juga kita, masih dibayangi konsep-konsep tertentu tentang kehadiran dan identitas Allah. Allah belum dipahami secara utuh sebagaimana dikatakan oleh Kitab Suci, melainkan Allah seturut bayangan kita atau seturut pemahaman yang belum utuh. Mari kita lebih membuka hati kepada tuntunan sabda Tuhan supaya pandangan kita kepada Allah dimurnikan dan diperjelas, sehingga dapat menyadari kehadiran-Nya dalam hidup kita setiap waktu. 

Ajarlah kami semakin mengenal-Mu, ya Allah. Semoga iman dan kasih kami Mu dan sesama semakin tumbuh dan berkembang. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 3 MEI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel