RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 28 MEI 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

MINGGU, 28 MEI 2023

H.R PENTAKOSTA (MERAH)

BACAAN I : Kis.2:1-11

MAZMUR : 104:1AB.24AC.29C-30.31.34;

BACAAN II : 1Kor. 12:3b-7.12-13

BACAAN INJIL: Yohanes 20:19-23

Ketika hari sudah malam pada hari pertama minggu itu berkumpullah murid-murid Yesus di suatu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi. Pada waktu itu datanglah Yesus dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: "Damai sejahtera bagi kamu!" Dan sesudah berkata demikian, Ia menunjukkan tangan-Nya dan lambung-Nya kepada mereka. Murid-murid itu bersukacita ketika mereka melihat Tuhan. Maka kata Yesus sekali lagi: "Damai sejahtera bagi kamu! Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu." Dan sesudah berkata demikian, Ia mengembusi mereka dan berkata: "Terimalah Roh Kudus. Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada."

RENUNGAN:

Hari ini kita merayakan Hari Raya Roh Kudus atas para rasul. Tentu saja tidak berarti Roh Kudus baru pertama kalinya turun atas manusia. Setelah kebangkitan, Yesus sudah mencurahkan Roh kepada para murid dan menganugerahkan buah roh, yaitu damai sejahtera. Pertstiwa Pentakosta adalah peristiwa manusia yang sungguh dipenuhi oleh kuasa Roh Kudus. Keterbukaan hati yang penuh dan kerinduan teramat besar yang diungkapkan dalam doa permohonan akan kedatangan Roh Kudus membuat para murid Yesus sungguh dikuasai oleh Roh Kudus. 

Anugerah lain dari Roh Kudus adalah mereka berbicara dalam bahasa yang bisa dipahami oleh semua orang dan mereka saling memahami satu sama lain. Bahasa Roh Kudus adalah bahasa kasih yang selalu menjadi bahasa utama Gereja, bahasa yang selalu bisa dimengerti siapa pun sepanjang masa. Kita mohon keterbukaan hati supaya kita pun dikuasai Roh Kudus dan dimampukan untuk selalu berbicara dengan bahasa kasih. 

Ya Allah, ajarlah kami bahasa kasih-Mu supaya hidup kami senantiasa menjadi berkat bagi sesama. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 28 MEI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel