RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 17 APRIL 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SENIN, 17 APRIL 2023

OKTAF PASKAH II (PUTIH) 

BACAAN I: Kis. 5:17-25

MAZMUR: 34:2-3.4-5.6-7.89;

BACAAN INJIL: Yohanes 3:16-21

Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia. Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah. Dan inilah hukuman itu: Terang telah datang ke dalam dunia, tetapi manusia lebih menyukai kegelapan dari pada terang, sebab perbuatan-perbuatan mereka jahat. Sebab barangsiapa berbuat jahat, membenci terang dan tidak datang kepada terang itu, supaya perbuatan-perbuatannya yang jahat itu tidak nampak; tetapi barangsiapa melakukan yang benar, ia datang kepada terang, supaya menjadi nyata, bahwa perbuatan-perbuatannya dilakukan dalam Allah."

Renungan 

Nikodemus, seorang rabi (guru Yahudi) dari kaum Farisi, yang terhormat dalam Mahkamah Agama Yahudi (Sanhedrin), malam-malam mengunjungi Yesus untuk berbicara dan berdiskusi tentang ajaran Taurat. Inti diskusi mereka: bagaimana orang menjadi benar di hadapan Allah dan masuk Kerajaan Allah? Yesus menjawab, "Jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah." Kelahiran kembali yang dibicarakan Yesus bukanlah kelahiran fisik, melainkan kelahiran spiritual yang sama sekali baru dan radikal, berasal dari atas, yaitu dari Allah sendiri. Kelahiran baru ini adalah syarat mutlak untuk masuk ke dalam Kerajaan Allah. 

Lahir kembali secara spiritual tidaklah mudah. Banyak orang yang ingin hidupnya berubah, namun kesulitan untuk mengubah dirinya sendiri. Yesus menjelaskan bahwa perubahan ini hanya dapat terjadi jika Roh Kudus hadir dan berkarya di dalamnya. Ini adalah kelahiran kembali dalam Roh. Bagi Yesus, kelahiran spiritual ini mesti bermuara pada kehidupan baru sebagai anak-anak Allah yang terus hidup dalam relasi dengan Allah. Allah terus memperbarui seluruh umat-Nya dengan anugerah hidup baru dalam Roh Kudus. Apakah kita sudah menyadari anugerah Allah ini? 

Tuhan Yesus Kristus, Engkau menganugerahkan hidup baru dalam Roh Kudus kepada kami. Perbaruilah kami dengan Roh Kudus agar semakin percaya pada sabda kehidupan-Mu. Amin


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 17 APRIL 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel