RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 30 APRIL 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

MINGGU, 30 APRIL 2023

HARI MINGGU PASKAH IV (PUTIH)

BACAAN I : Kis. 2:14a,36-41

MAZMUR : 23:1-3a,3b-4,5,6

BACAAN II : 1Ptr. 2:20b-25

BACAAN INJIL: Yohanes 10:1-10.

"Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya siapa yang masuk ke dalam kandang domba dengan tidak melalui pintu, tetapi dengan memanjat tembok, ia adalah seorang pencuri dan seorang perampok; tetapi siapa yang masuk melalui pintu, ia adalah gembala domba. Untuk dia penjaga membuka pintu dan domba-domba mendengarkan suaranya dan ia memanggil domba-dombanya masing-masing menurut namanya dan menuntunnya ke luar. Jika semua dombanya telah dibawanya ke luar, ia berjalan di depan mereka dan domba-domba itu mengikuti dia, karena mereka mengenal suaranya. Tetapi seorang asing pasti tidak mereka ikuti, malah mereka lari dari padanya, karena suara orang-orang asing tidak mereka kenal." Itulah yang dikatakan Yesus dalam perumpamaan kepada mereka, tetapi mereka tidak mengerti apa maksudnya Ia berkata demikian kepada mereka. Maka kata Yesus sekali lagi: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Akulah pintu ke domba-domba itu. Semua orang yang datang sebelum Aku, adalah pencuri dan perampok, dan domba-domba itu tidak mendengarkan mereka. Akulah pintu; barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput. Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.

RENUNGAN

Dunia penggembalaan dapat mengajarkan tentang Allah dan relasi kita dengan-Nya. Bagaimana ini dijelaskan? Pada sore hari, gembala akan membawa kawanan dombanya ke kandang. Kawanan domba tahu suara dan isyarat dari gembala. Begitu dekatnya gembala dengan kawanannya sehingga setiap domba memiliki nama. Di musim dingin, kawanan domba biasanya dibawa ke tempat penampungan umum yang bisa dikunci dan dijaga. Pada musim panas, domba dibiarkan dan dikumpulkan dalam satu kawanan di padang dan dijaga oleh gembala sepanjang malam. Yesus menggambarkan diri-Nya sebagai pintu yang akan dilalui domba-domba. 

Dalam Perjanjian Lama, Allah sering digambarkan sebagai Gembala Agung yang memberikan keamanan, perlindungan, dan kedamaian kepada umat-Nya. Bahkan para pemimpin umat Allah juga disebut gemnala: “...seorang yang mengepalai mereka waktu keluar dan masuk, dan membawa mereka keluar dan masuk, supaya umat TUHAN jangan hendaknya seperti domba-domba yang tidak mempunyai gembala" (Bil. 27:16-17). Sebagaimana seorang gembala yang menjaga kawanan domba-Nya dan melindungi mereka dari bahaya, demikian juga Yesus menjaga para pengikut-Nya sebagai Gembala dan Pemelihara jiwa kita (1Ptr.2:25). Apakah kita menyadari kedamaian dan perlindungan dari Allah Sang Gembala Agung dalam hidup kita? 

Tuhan Yesus, Engkau selalu membimbing kami di jalan yang aman dan damai. Semoga kami tidak pernah meragukan pemeIiharaan-Mu dan tidak tersesat dari jalan-Mu. Jagalah kami dalam tempat perlindungan-Mu. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 30 APRIL 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel