RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 6 MARET 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SENIN, 6 MARET 2023

PEKAN PRAPASKAH II (UNGU) 

BACAAN I: Dan. 9:4b-10

MAZMUR: 79:8.9.10.13;

BACAAN INJIL: Lukas 6:36-38

Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati." "Janganlah kamu menghakimi, maka kamupun tidak akan dihakimi. Dan janganlah kamu menghukum, maka kamupun tidak akan dihukum; ampunilah dan kamu akan diampuni. Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu."

Renungan : 

Hal terberat dalam peziarahan hidup sebagai orang beriman adalah mengampuni kesalahan orang yang paling kita cintai dan kita pilih untuk hidup bersama kita. Itulah yang sering kita sampaikan dan ungkapkan saat kita mengalaminya. Bahkan, sering kali membuat kita tidak mampu melihat secara objektif letak kesalahannya. 

Melalui Kitab Daniel dalam Bacaan Pertama hari ini, kita diajak belajar mengakui kesalahan dan meninggalkan perbuatan dosa. Kita diajak tidak memberontak dan tidak menyimpang dari perintah apalagi menyalahkan Tuhan. Tuhan tidak pernah membiarkan kita direnggut oleh kekuasaan maut, tetapi sering kali justru kitalah yang memilih untuk mengikuti ambisi kita, meskipun akan mendatangkan penderitaan dalam kehidupan kita. Kita sering mengabaikan peringatan Tuhan yang disampaikan melalui sesama kita. 

Dalam Injil hari ini, Tuhan menghendaki kita belajar menjadi pribadi yang setia dan mau berproses untuk senantiasa memperbarui hidup dengan melakukan pertobatan yang sejati. Pertobatan yang sejati mesti mulai dari diri sendiri. Belajar untuk mengampuni dengan hati yang ikhlas kepada siapa pun yang meminta maaf kepada kita. Karena Bapa adalah murah hati dan maha pengampun, maka hendaknya kita pun berani mengampuni, meskipun terkadang terasa berat. Jika terasa berat, maka ingatlah bahwa kita pun pernah diampuni! 

Ya Tuhan, ingatkanlah kami jika kami menentpuh jalan yang sesat dan tak mau mengampuni sesama agar kami mampu melangkah dengan semangat kasih-Mu. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 6 MARET 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel