RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 30 MARET 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 30 MARET 2023

Pekan Prapaskah V (UNGU)

BACAAN I: Kej. 17:3-9

MAZMUR: 105:4-5.6-7.8-9;

BACAAN INJIL: Injil Yohanes 5:51-59

Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa menuruti firman-Ku, ia tidak akan mengalami maut sampai selama-lamanya." Kata orang-orang Yahudi kepada-Nya: "Sekarang kami tahu, bahwa Engkau kerasukan setan. Sebab Abraham telah mati dan demikian juga nabi-nabi, namun Engkau berkata: Barangsiapa menuruti firman-Ku, ia tidak akan mengalami maut sampai selama-lamanya. Adakah Engkau lebih besar dari pada bapa kita Abraham, yang telah mati! Nabi-nabipun telah mati; dengan siapakah Engkau samakan diri-Mu?" Jawab Yesus: "Jikalau Aku memuliakan diri-Ku sendiri, maka kemuliaan-Ku itu sedikitpun tidak ada artinya. Bapa-Kulah yang memuliakan Aku, tentang siapa kamu berkata: Dia adalah Allah kami, padahal kamu tidak mengenal Dia, tetapi Aku mengenal Dia. Dan jika Aku berkata: Aku tidak mengenal Dia, maka Aku adalah pendusta, sama seperti kamu, tetapi Aku mengenal Dia dan Aku menuruti firman-Nya. Abraham bapamu bersukacita bahwa ia akan melihat hari-Ku dan ia telah melihatnya dan ia bersukacita." Maka kata orang-orang Yahudi itu kepada-Nya: "Umur-Mu belum sampai lima puluh tahun dan Engkau telah melihat Abraham?" Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada." Lalu mereka mengambil batu untuk melempari Dia; tetapi Yesus menghilang dan meninggalkan Bait Allah.

RENUNGAN

Apalah arti sebuah nama? Inilah yang sering kita lontarkan. Tentu kita bebas memaknai sebuah nama atau mungkin kita tidak memaknainya apa-apa. Dalam Bacaan Pertama hari ini, dikisahkan bahwa nama Abram diubah menjadi Abraham. Makna dari perubahan nama ini adalah janji keturunan yang banyak. Abraham menjadi Bapa orang beriman. Perubahan nama Abram menjadi Abraham mempunyai makna mengenai perjanjian yang di buat Allah dengan umat-Nya. Tentu bukan saja soal nama yang berubah, melainkan terutama soal perubahan pola hidup dan perilaku sebagai orang beriman ke arah yang lebih baik. Demikian juga dengan perubahan cara pandang dan memahami banyak peristiwa. 

Dalam peziarahan hidup kita saat ini, kita disuguhkan dengan ribuan peristiwa dalam hitungan menit yang muncul di telepon genggam atau gawai kita. Kita diajak untuk berani memilih mana yang benar meskipun tidak menyukakan hati kita. Hari ini, kita diajak oleh Yesus untuk mengalami perubahan yang sejati, bukan sekadar konten untuk menambah viewer, melainkan juga berani menuruti firman-Nya dalam setiap peziarahan hidup kita. Beranikah kita memegang komitmen atas jawaban "iya" kita untuk menjadi murid-Nya? 

Ya Tuhan, janganlah biarkan hati kami keras seperti batu, tetapi jadikanlah hati kami lemah lembut agar kami peka untuk peduli sesama. Amin


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 30 MARET 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel