RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 2 MARET 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 2 MARET 2023

Pekan I Prapaskah (UNGU)

BACAAN I: T.Est. 4:10a,10c-12,17-19

MAZMUR:  138:1-2a,2bc-3,7c-8;

BACAAN INJIL: Injil Matius 7:7-12.

"Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan. Adakah seorang dari padamu yang memberi batu kepada anaknya, jika ia meminta roti, atau memberi ular, jika ia meminta ikan? Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya." "Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.

RENUNGAN

Keluarga merupakan sel utama Gereja, karena dari sanalah kita mengenal Tuhan yang kita imani. Ester dalam Bacaan Pertama dikisahkan memiliki iman yang tangguh karena bertumbuh dalam keluarga yang begitu dekat dengan Tuhan. Ester mengajak kita umat beriman senantiasa menjadikan Tuhan sebagai andalan hidup kita. Karena kendati kita mengaku beriman Kristiani, tetapi belum tentu seperti Ester yang memiliki iman yang berkualitas. 

Bacaan Injil hari ini mengajak kita semua melakukan yang baik seturut kehendak Allah dengan memohon kepada Tuhan agar senantiasa mengaruniakan Roh yang mendorong kita untuk melakukan yang baik. Tuhan menjanjikan akan memberikan apa yang kita minta kepada-Nya "Mintalah, maka kamu akan diberi, carilah maka kamu akan mendapat; ketuklah maka pintu akan dibukakan bagimu" (Mat. 7:7). Hanya, jawaban Tuhan atas apa yang kita minta bukan sesuai ukuran dan waktu kita, melainkan sesuai ukuran dan waktu Tuhan sendiri. 

Semakin beriman akan Kristus yang hidup maka berarti semakin kita dimampukan untuk menghadirkan kedamaian di dalam hidup kita. Kita menjadi pribadi yang tidak mudah menghakimi ataupun mengkritik orang lain, tetapi selalu mendahulukan kehendak Tuhan dalam hidup kita dan menjadikan Tuhan sebagai satu-satunya andalan kita. 

Ya Bapa Yang Mahakasih, arahkanlah hati kami kepada-Mu dalam seluruh peziarahan hidup kami. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 2 MARET 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel