RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 24 FEBRUARI 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 24 FEBRUARI 2023

HARI JUMAT SESUDAH RABU ABU (UNGU)

B. Yosefa Naval Gibres

BACAAN I: Yes. 58:1-9a

MAZMUR: 51:3-4.5-6.18-19;

BACAAN INJIL: Matius 9:14-15

Kemudian datanglah murid-murid Yohanes kepada Yesus dan berkata: "Mengapa kami dan orang Farisi berpuasa, tetapi murid-murid-Mu tidak?" Jawab Yesus kepada mereka: "Dapatkah sahabat-sahabat mempelai laki-laki berdukacita selama mempelai itu bersama mereka? Tetapi waktunya akan datang mempelai itu diambil dari mereka dan pada waktu itulah mereka akan berpuasa.

RENUNGAN : 

Puasa tidak dilakukan demi puasa itu sendiri atau untuk mendapatkan kekuatan mistik, tetapi sebagai sarana pertobatan. Bertobat berarti mengendalikan diri, tidak melakukan perbuatan-perbuatan jahat dan belajar berbuat baik. Puasa yang benar akan memberikan daya kekuatan untuk lebih mengasihi sesama, dan pada akhirnya lebih dekat dengan Yesus Kristus, Sang Mempelai (bdk. Mat. 9:14-15). 

Mengasihi sesama harus diungkapkan melalui tindakan-tindakan konkret, seperti membela keadilan, membongkar penindasan, membantu yang terlantar dan miskin dengan sandang, pangan, maupun papan (bdk. Yes. 58:1-9a). Puasa yang demikian itulah yang membuat kehadiran dan pertolongan Tuhan menjadi sangat konkret dan dekat. 

Ya Bapa Yang Maharahim, ampunilah semua dosa kami yang hanya memerhatikan diri sendiri. Bimbinglah kanti agar ulah tapa kanti sungguh mendekatkan kami kepada-Mu dan menggapai sesama dengan kasih yang nyata. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 24 FEBRUARI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel