RENUNGAN HARIAN (SENIN, 9 JANUARI 2023)



RENUNGAN HARIAN

SENIN, 9 JANUARI 2023

PESTA PEMBAPTISAN TUHAN

BACAAN I: Yes. 42:1-4.6-7

MAZMUR: 29:1a.2.3ac-4.3b.9b-10;

BACAAN INJIL: Matius 3:13-17

Pesta Pembaptisan Yesus mengakhiri Masa Natal, sekaligus membuka babak baru, yaitu tampilnya Yesus di depan umum. Pembaptisan berasal dari kata "baptizein" (Yunani) yang artinya "mencelup". Pencelupan Yesus ke dalam air melambangkan kerelaan-Nya memasuki kehidupan dunia, dan keluar dari air melambangkan kemuliaan kebangkitan-Nya. 

Dalam pandangan kristiani, pencelupan ke dalam air saat pembaptisan melambangkan dimakamkannya kita sebagai manusia lama ke dalam kematian Kristus, dan keluar dari air melambangkan kebangkitan kita bersama dengan Kristus sebagai manusia baru dalam kebangkitan-Nya. Pada saat pembaptisan inilah, kita dapat berkata, "Aku yang dulu sudah mati, sekarang aku hidup bersama Kristus dan di dalam Kristus." Artinya, kita dilahirkan kembali dari air dan Roh Kudus (Yoh 3:5), menjadi ciptaan yang baru (2Kor 5:17). 

Sakramen Baptis merupakan tanda dan sarana yang mengungkapkan iman akan Yesus Kristus dan dengan menerimanya orang akan menjadi anggota Gereja. Baptisan dikenal sebagai inisiasi Kristen. Ini melambangkan pembersihan dosa dan memasuki hidup baru dengan membangun sikap dan semangat pertobatan. Hidup dengan meninggalkan cara hidup lama dan mengenakan hidup baru. 

Melalui pembaptisan, kita dibersihkan dari segala dosa, baik dosa asal maupun dosa pribadi yang dilakukan sebelum dibaptis. Namun demikian, kita tetap tidak terbebas dari kecondongan kepada dosa, atau yang dikenal sebagai concupiscentia (keinginan tak teratur). Keinginan tak teratur ini 
"tertinggal" agar kita terus berjuang untuk mengalahkannya, hingga kelak kita menerima mahkota (2Tim 2:5). Artinya, pada saat dibaptis kita memang diubah menjadi kudus namun selanjutnya kita harus berjuang mempertahankan kekudusan itu. Kita percaya, Roh Kudus akan selalu menyertai kita. Maka, berjuanglah bersama Roh Kudus untuk mempertahankan kekudusan yang kita peroleh dari Allah melalui Sakramen Pembaptisan, yakni dengan berusaha melawan kecondongan kita untuk berbuat dosa. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN (SENIN, 9 JANUARI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel