RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 9 JANUARI 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SENIN, 9 JANUARI 2023

PESTA PEMBAPTISAN TUHAN

BACAAN I: Yes. 42:1-4.6-7

MAZMUR: 29:1a.2.3ac-4.3b.9b-10;

BACAAN INJIL: Matius 3:13-17

Maka datanglah Yesus dari Galilea ke Yordan kepada Yohanes untuk dibaptis olehnya. Tetapi Yohanes mencegah Dia, katanya: "Akulah yang perlu dibaptis oleh-Mu, dan Engkau yang datang kepadaku?" Lalu Yesus menjawab, kata-Nya kepadanya: "Biarlah hal itu terjadi, karena demikianlah sepatutnya kita menggenapkan seluruh kehendak Allah." Dan Yohanespun menuruti-Nya. Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya, lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: "Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan."

Renungan 

Hari ini, kita merayakan Pesta Pembaptisan Tuhan. Dalam Bacaan Injil, kita menemukan kata-kata indah ini: "Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nya Aku berkenan." Pertanyaan yang dapat kita ajukan: Apa yang membuat seseorang disebut sebagai anak yang dikasihi? 

Setidaknya ada beberapa hal yang dapat kita sebut sebagai alasan seseorang disebut sebagai 'yang dikasihi.' Pertama, dia adalah anak kandung, meskipun tidak berarti bahwa kalau bukan anak kandung lantas kurang dikasihi. Kedua, tidak nakal/bandel, dalam arti senang mendengar nasihat orang tua dan setia melaksanakannya. Ketiga, berbakat dan berprestasi. Biasanya ibu-ibu bahkan bapak-bapak sangat senang menceritakan anaknya yang berprestasi di kelas, yang sering menjadi utusan sekolah dalam suatu ajang kompetisi dan sering kali mendapat penghargaan atau piala. Keempat, santun, ramah, mudah akrab dengan siapa saja sehrngga disenangi oleh siapa pun. Kelima, rajin dalam banyak hal sehingga bisa dengan mudah membantu mereka yang membutuhkan bantuan. Keenam, ia seorang yang saleh, rajin berdoa, dekat dengan Tuhan. 

Barangkali masih banyak hal yang dapat diurutkan sebagai alasan seseorang pantas disebut sebagai 'yang terkasih'. Yesus, Sang Putra Tunggal Bapa, memiliki semua kualitas positif itu, bahkan melebihi semua itu karena la datang untuk menggenapkan seluruh Sabda Tuhan, seperti yang la tegaskan kepada Yohanes Pembaptis: "Biarlah hal itu terjadi, karena demikianlah sepatutnya kita menggenapkan seluruh kehendak Allah.

Ya Bapa Yang Mahakasih, jadikanlah kami anak-anak-Mu, yang hidup dan bakti kami berkenan kepada-Mu. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 9 JANUARI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel