RENUNGAN HARIAN (MINGGU, 8 JANUARI 2023)



RENUNGAN HARIAN

MINGGU, 8 JANUARI 2023

HARI RAYA PENAMPAKAN TUHAN (PUTIH)

Hari Anak Misioner Sedunia

BACAAN I : Yes. 60:1-6

MAZMUR : 72:2.7-8.10-11.12-13

BACAAN II : Ef. 3:2-3a.5-6

BACAAN INJIL: Matius 2:1-12

RENUNGAN:

Tidak jarang dalam kehidupan zaman sekarang ini penampilan menjadi salah satu aspek penilaian orang. Jika berpenampilan menarik maka tidak menutup kemungkinan untuk dinilai baik. Tetapi yang berpenampilan kurang menarik, atau bahkan asal-asalan mendapatkan penilaian yang kurang baik. Tidak jarang penampilan yang sederhana juga dianggap kolot sehingga membuat orang dipandang sebelah mata, bahkan kurang diperhitungkan. 

Hari ini dalam liturgi Gereja Katolik, kita merayakan Hari Raya Penampakan Tuhan. Tuhan menampakkan Diri-Nya dengan penampilan Diri yang penuh kesederhanaan. Tuhan Yesus lahir dari keluarga Yusuf dan Maria yang sederhana. Lahir dan hidup di dalam lingkungan dan tempat yang tidak menampakkan kemewahan sedikit pun. Maka, tidak menjadi pusat perhatian banyak orang karena tampil dalam kesederhanaan tersebut. 

Hari ini juga merupakan Hari Anak Misioner, perayaannya tepat pada Hari Penampakan Tuhan Yesus. Hal ini dilakukan karena Tuhan yang lahir dalam kesederhanaan ini adalah milik semua bangsa dan semua kalangan. Untuk itu, Gereja masa kini memerlukan para misionaris untuk mewartakan Kerajaan Allah yang hadir dalam Diri Yesus sendiri kepada semua bangsa. Misi untuk mewartakan Tuhan yang hadir ini dilakukan bukan hanya bagi orang dewasa, tetapi juga termasuk anak-anak. 

Tugas misioner yang diemban oleh seluruh umat pengikut Tuhan Yesus itu sangat penting. Salah satu tugas misioner kita adalah harus tampil menunjukkan Tuhan Yesus kepada anak-anak dan bagi anak-anak dapat berbagi sukacita dengan sesama sepermainannya. Oleh karena itu, penampilan kita juga harus menampilkan Yesus. 

Marilah kita berusaha untuk selalu membawa dan menampilkan Yesus dalam hidup kita sehari-hari. Entah apa saja tugas dan profesi serta usia kita, haruslah menunjukkan Pribadi Yesus yang sederhana, bijaksana, dan peduli dengan kebaikan hidup sesama.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN (MINGGU, 8 JANUARI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel