RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 8 JANUARI 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

MINGGU, 8 JANUARI 2023

HARI RAYA PENAMPAKAN TUHAN (PUTIH)

Hari Anak Misioner Sedunia

BACAAN I : Yes. 60:1-6

MAZMUR : 72:2.7-8.10-11.12-13

BACAAN II : Ef. 3:2-3a.5-6

BACAAN INJIL: Matius 2:1-12

Pada zaman pemerintahan raja Herodes, sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea, datanglah orang-orang majus dari timur ke Yerusalem. Mereka bertanya-tanya, “Dimanakah Raja Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di ufuk timur dan kami datang untuk menyembah Dia.” Mendengar hal itu, terkejutlah Raja Herodes beserta seluruh Yerusalem. Maka dikumpulkannya semua imam kepala dan ahli Taurat bangsa Yahudi, lalu dimintanya kete-rangan dari mereka, di mana Mesias akan dilahirkan. Mereka berkata kepadanya, “Di Betlehem di tanah Yudea, karena beginilah ada tertulis dalam kitab nabi: Dan engkau, Betlehem di tanah Yehuda, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang memerintah Yehuda karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umat-Ku Israel.” Lalu dengan diam-diam Herodes memanggil orang-orang majus itu, dan dengan teliti bertanya kepada mereka kapan bintang itu nampak. Kemudian ia menyuruh mereka ke Betlehem, katanya, “Pergilah, dan selidikilah dengan saksama hal-ikhwal Anak itu! Dan segera sesudah kamu menemukan Dia, kabarkanlah kepadaku, supaya aku pun datang menyembah Dia.” Setelah mendengar kata-kata Raja Herodes, berangkatlah para majus itu. Dan lihatlah, bintang yang mereka lihat di timur itu mendahului mereka hingga tiba dan berhenti di atas tempat di mana Anak itu berada. Melihat bintang itu, sangat bersukacitalah mereka. Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu, dan melihat Anak itu bersama Maria, ibu-Nya. Lalu mereka sujud menyembah Dia. Mereka pun membuka tempat harta bendanya, dan mempersembahkan persembahan kepada Anak itu, yaitu emas, kemenyan dan mur. Kemudian, karena diperingatkan dalam mimpi supaya jangan kembali kepada Herodes, mereka pun pulang ke negerinya lewat jalan lain.

Renungan:

Pada Hari Raya Penampakan Tuhan ini, kita diajak merenungkan tiga hal. Pertama, siapa yang menjadi 'bintang' dalam hidup kita sehingga kita bertemu dan mengenal Yesus? Semoga dengan peran bintang itu, kita semua beroleh sukacita. Kedua, mari kita menjadi 'bintang' bagi yang lain, yaitu menjadi pribadi-pribadi yang menunjukkan jalan supaya banyak orang menemukan Tuhan. Mari kita menjadi pembawa terang bagi orang lain, bukan hanya sebagai penunjuk jalan (dalam arti tidak ikut), melainkan juga justru harus aktif menjadi terang yang sungguh berguna bagi orang lain sehingga mereka selamat. 

Ketiga, para sarjana dari Timur itu membawa persembahan terbaik yang bisa mereka berikan kepada Tuhan. Pertanyaannya, apa yang bisa Anda bawa, saya bawa, dan kita semua bawa untuk dipersembahkan kepada Tuhan. Kira-kira persembahan terbaik apa yang pantas kita berikan kepada Tuhan sebagai ungkapan syukur kita atas tuntunan dan penyelenggaraan-Nya? 

Ya Tuhan, dengan bantuan bintang, para sarjana dari Timur menemukan Dia yang mereka cari. Semoga dengan bantuan banyak 'bintang' dalam hidup ini, kami mampu menemukan Tuhan yang kami cari dan sembah. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 8 JANUARI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel