RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 3 JANUARI 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 3 JANUARI 2023

PEKAN SEBELUM EPIFANI (PUTIH)

NAMA YESUS YANG TERSUCI

BACAAN I: 1Yoh. 2:29-3:6

MAZMUR: 98:1.3C-4.5-6;

BACAAN INJIL: Yohanes 1:29-34

Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia. Dialah yang kumaksud ketika kukatakan: Kemudian dari padaku akan datang seorang, yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku. Dan aku sendiripun mula-mula tidak mengenal Dia, tetapi untuk itulah aku datang dan membaptis dengan air, supaya Ia dinyatakan kepada Israel." Dan Yohanes memberi kesaksian, katanya: "Aku telah melihat Roh turun dari langit seperti merpati, dan Ia tinggal di atas-Nya. Dan akupun tidak mengenal-Nya, tetapi Dia, yang mengutus aku untuk membaptis dengan air, telah berfirman kepadaku: Jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dialah itu yang akan membaptis dengan Roh Kudus. Dan aku telah melihat-Nya dan memberi kesaksian: Ia inilah Anak Allah."

RENUNGAN

Seiring perkembangan teknologi, banyak orang menjadi lebih kreatif. Ada yang kreatif untuk memenuhi, mengembangkan, dan memudahkan berbagai kepentingan umum, namun ada juga yang kreatif demi mencapai kepentingan tertentu yang sering kali berlawanan dengan harapan banyak orang. Ada orang yang karena kreativitasnya dapat merekayasa material dan data tertentu untuk tujuan yang tidak baik. Misalnya, ada orang yang mengedit foto, video, atau berita tertentu dengan tujuan menipu atau menciptakan kegaduhan, bukan memberi kesaksian untuk membantu dan mencerahkan hidup banyak orang. 

Contoh kreativitas yang tidak baik itu berbeda dengan apa yang kita dapatkan dalam bacaan hari ini. Yohanes Pembaptis sungguh-sungguh menjadi saksi kebenaran atas apa yang ia sendiri lihat dan alami. la tidak merekayasa berita atau pengalaman yang dipercayakan kepadanya. Akan tetapi, pengalaman atau pengetahuan yang benarlah yang ia sampaikan atau sharing-kan kepada yang lain sehingga mereka pun mendapatkan informasi yang baik, benar, dan berguna. Semoga kita pun tidak tergoda untuk melakukan kesaksian palsu apa pun bentuknya, tetapi seperti Yohanes yang mewartakan yang benar kepada sesama. 

Ya Bapa, berilah kami keberanian untuk menjadi saksi kebenaran dan kepada sesama kami. Semoga hidup kami menjadi ekspresi cinta dan kebaikan-Mu kepada dunia. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 3 JANUARI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel