RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 4 JANUARI 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

RABU, 4 JANUARI 2023

PEKAN SEBELUM EPIFANI (PUTIH)

Sta. Elisabeth Anna Bayley

BACAAN I: 1Yoh. 3:7-10

MAZMUR: 98:1.7-8.9;

BACAAN INJIL: Injil Yohanes 1:35-42

Pada keesokan harinya Yohanes berdiri di situ pula dengan dua orang muridnya. Dan ketika ia melihat Yesus lewat, ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah!" Kedua murid itu mendengar apa yang dikatakannya itu, lalu mereka pergi mengikut Yesus. Tetapi Yesus menoleh ke belakang. Ia melihat, bahwa mereka mengikut Dia lalu berkata kepada mereka: "Apakah yang kamu cari?" Kata mereka kepada-Nya: "Rabi (artinya: Guru), di manakah Engkau tinggal?" Ia berkata kepada mereka: "Marilah dan kamu akan melihatnya." Merekapun datang dan melihat di mana Ia tinggal, dan hari itu mereka tinggal bersama-sama dengan Dia; waktu itu kira-kira pukul empat. Salah seorang dari keduanya yang mendengar perkataan Yohanes lalu mengikut Yesus adalah Andreas, saudara Simon Petrus. Andreas mula-mula bertemu dengan Simon, saudaranya, dan ia berkata kepadanya: "Kami telah menemukan Mesias (artinya: Kristus)."Ia membawanya kepada Yesus. Yesus memandang dia dan berkata: "Engkau Simon, anak Yohanes, engkau akan dinamakan Kefas (artinya: Petrus)."

RENUNGAN:

Yohanes menunjukkan sekaligus memberi kesaksian tentang Yesus kepada kedua muridnya: "Lihatlah Anak Domba Allah". Kedua murid itu bertemu dan mengikuti Yesus. Yohanes Pembaptis berjasa besar dalam kehidupan mereka. Karena pewartaan dan kesaksiannya, kedua murid itu mengenal Yesus secaralebih dekat, lebih akrab, dan mau mengikuti-Nya. 

Injil hari ini mengajak kita untuk mengingat-ingat siapa (saja) yang memperkenalkan kita kepada Yesus? Siapa yang mengajari kita atau menunjukkan jalan kepada kita sehingga kita mengenal Tuhan, kita mengenal Yesus sehingga kita berani mengikuti dan mengimani-Nya? Bisa jadi, yang berjasa itu adalah orang tua kita, guru, sahabat, kenalan, atau siapa saja. Mereka semua seperti Yohanes yang telah berjasa memperkenalkan Yesus kepada murid-muridnya. 

Semoga jasa mereka membuat kita semakin kenal, semakin akrab, bahkan tinggal di dalam Yesus supaya la senantiasa membimbing kita ke jalan yang baik dan benar. Kita pun diajak ikut memperkenalkan Yesus kepada teman-teman atau saudara-saudari kita yang lain, seperti yang dilakukan oleh Andreas kepada Simon saudaranya. 

Ya Yesus, semoga kami mampu mengikuti Engkau dengan setia, mengenal Engkau lebih dalam sehingga kami pun mampu menjadi saksi yang pantas akan kasih dan kebaikan-Mu. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 4 JANUARI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel