RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 22 JANUARI 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

MINGGU, 22 JANUARI 2023

PEKAN BIASA III (HIJAU)

HARI MINGGU SABDA ALLAH

BACAAN I : Yes. 8:23b-9:3

MAZMUR : 27:1.4.13-14;

BACAAN II : 1Kor. 1:10-13.17

BACAAN INJIL: Matius 4:12-23

Ketika mendengar bahwa Yohanes Pembaptis ditangkap, Yesus menyingkir ke Galilea. Ia meninggalkan Nazaret dan diam di Kapernaum, di tepi danau, di daerah Zebulon dan Naftali, supaya genaplah firman yang disampaikan oleh Nabi Yesaya: Tanah Zebulon dan tanah Naftali, jalan ke laut, daerah seberang Sungai Yordan, Galilea, wilayah bangsa-bangsa lain; bangsa yang diam dalam kegelapan telah melihat Terang yang besar, dan bagi mereka yang diam di negeri yang dinaungi maut telah terbit Terang. Sejak waktu itu Yesus memberitakan, "Bertobatlah, sebab Kerajaan Surga sudah dekat!" Dan ketika Yesus sedang berjalan menyusur danau Galilea, Ia melihat dua orang bersaudara, yaitu Simon yang disebut Petrus, dan Andreas, saudaranya. Mereka sedang menebarkan jala di danau, sebab mereka penjala ikan. Yesus berkata kepada mereka: "Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia." Lalu merekapun segera meninggalkan jalanya dan mengikuti Dia. Dan setelah Yesus pergi dari sana, dilihat-Nya pula dua orang bersaudara, yaitu Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, bersama ayah mereka, Zebedeus, sedang membereskan jala di dalam perahu. Yesus memanggil mereka dan mereka segera meninggalkan perahu serta ayahnya, lalu mengikuti Dia. Yesuspun berkeliling di seluruh Galilea; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Allah serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan di antara bangsa itu.

RENUNGAN :

Pada era digital ini, dengan geliat aneka platform media sosial, banyak daerah, orang, acara, dan sebagainya yang sebelumnya kurang atau bahkan tidak dikenal kemudian menjadi terkenal atau viral. Anak-anak desa yang dahulunya hanya bisa bernyanyi di kebun tanpa ada yang peduli pada suara bagusnya, sekarang menjadi terkenal karena suaranya yang bagus itu direkam dengan Hand Phone sederhana lalu diunggah di Youtube atau media sosial lain sehingga orang lain di segala penjuru dunia dapat mengaksesnya. Ini hanya salah satu contoh, tentu masih banyak contoh lain yang bisa jadi lebih fantastis. 

Selaras dengan bacaan-bacaan hari ini, dahulu tanah Zebulon dan tanah Naftali direndahkan (bdk. Yes. 8:23) , namun dengan kehadiran Yesus sebagai yang "superstar" atau yang "viral" waktu itu tanah tersebut pun dikenal. Lantas orang berkata: "Bangsa yang diam dalam kegelapan, telah melihat Terang yang besar dan bagi mereka yang diam di negeri yang dinaungi maut, telah terbit Terang" (Mat. 4: 16). Dengan kata lain, di mana ada Yesus, di situ ada terang, di situ ada sukacita. Karena itu, kalau Yesus ada dalam rumah kita, dalam pekerjaan kita, dalam relasi kita satu sama lain, maka pasti ada terang, ada sukacita, ada harapan. Hanya, maukah kita menghadirkan Yesus dalam seluruh aspek kehidupan kita? 

Tuhan Yesus, hadirlah dalam hidup kami, dalam rumah tangga kami, dalam aktivitas kami sehingga di sana ada damai dan sukacita, ada terang kehidupan. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 22 JANUARI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel