RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 15 JANUARI 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

MINGGU, 15 JANUARI 2023

PEKAN BIASA II (HIJAU)

St. Arnoldus Janssen

BACAAN I : Yes. 49:3.5-6

MAZMUR : 40:2.4ab.7-8a.8b-9.10

BACAAN II : 1Kor. 1:1-3

BACAAN INJIL: Yohanes 2:29-34

Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia. Dialah yang kumaksud ketika kukatakan: Kemudian dari padaku akan datang seorang, yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku. Dan aku sendiripun mula-mula tidak mengenal Dia, tetapi untuk itulah aku datang dan membaptis dengan air, supaya Ia dinyatakan kepada Israel." Dan Yohanes memberi kesaksian, katanya: "Aku telah melihat Roh turun dari langit seperti merpati, dan Ia tinggal di atas-Nya. Dan akupun tidak mengenal-Nya, tetapi Dia, yang mengutus aku untuk membaptis dengan air, telah berfirman kepadaku: Jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dialah itu yang akan membaptis dengan Roh Kudus. Dan aku telah melihat-Nya dan memberi kesaksian: Ia inilah Anak Allah."

RENUNGAN

Firman Allah yang disampaikan kepada Yesaya dalam Bacaan Pertama hari ini sangat mengesankan: "Terlalu sedikit bagimu hanya untuk menjadi hamba-Ku, untuk menegakkan suku-suku Yakub dan untuk mengembalikan orang-orang Israel yang masih terpelihara. Tetapi Aku akan membuat engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa supaya keselamatan yang dari pada-Ku sampai ke ujung bumi" (Yes. 49:6). Di sana dikatakan bahwa Yesaya tidaklah cukup dengan menjadi seorang hamba yang berbuat sesuai perintah tuannya saja. Akan tetapi, Allah menjanjikan kepadanya untuk membuatnya menjadi terang bangsa-bangsa. Karena itu, Yesaya lebih dari sekadar hamba, ia adalah utusan Tuhan. 

Seorang utusan Allah mampu dan dimampukan untuk memaksimalkan talenta yang dimilikinya untuk mewartakan kabar keselamatan. la menjadi terang bagi bangsa-bangsa, bercahaya dalam dirinya untuk menerangi lingkungan sekitarnya. Ada inisiatif untuk menolong mereka yang membutuhkan, ada kemauan untuk melaksanakan Sabda Tuhan sebagaimana Paulus yang berkobar-kobar menyapa umat untuk hidup selaras kehendak Tuhan. Dan, seperti Yohanes Pembaptis yang tidak hanya membaptis, tetapi juga dengan penuh semangat menjadi saksi lewat pewartaan bahwa Yesus adalah Anak Allah. 

Ya Tuhan, semoga kami memaksimalkan talenta yang telah Kauanugerahkan kepada kami untuk menjadi saksi ulung dan setia sampai ke ujung bumi. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 15 JANUARI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel