RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 24 DESEMBER 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU, 24 DESEMBER 2022

Adam dan Hawa (Manusia pertama) Novena Natal hari ke 9

BACAAN I: 2Sam. 7:1-5.8b-12.16;

MAZMUR: 89:2-3.4-5.27.29;

BACAAN INJIL: Lukas 1:67-79

Dan Zakharia, ayahnya, penuh dengan Roh Kudus, lalu bernubuat, katanya: "Terpujilah Tuhan, Allah Israel, sebab Ia melawat umat-Nya dan membawa kelepasan baginya, Ia menumbuhkan sebuah tanduk keselamatan bagi kita di dalam keturunan Daud, hamba-Nya itu, — seperti yang telah difirmankan-Nya sejak purbakala oleh mulut nabi-nabi-Nya yang kudus — untuk melepaskan kita dari musuh-musuh kita dan dari tangan semua orang yang membenci kita, untuk menunjukkan rahmat-Nya kepada nenek moyang kita dan mengingat akan perjanjian-Nya yang kudus, yaitu sumpah yang diucapkan-Nya kepada Abraham, bapa leluhur kita, bahwa Ia mengaruniai kita, supaya kita, terlepas dari tangan musuh, dapat beribadah kepada-Nya tanpa takut, dalam kekudusan dan kebenaran di hadapan-Nya seumur hidup kita. Dan engkau, hai anakku, akan disebut nabi Allah Yang Mahatinggi; karena engkau akan berjalan mendahului Tuhan untuk mempersiapkan jalan bagi-Nya, untuk memberikan kepada umat-Nya pengertian akan keselamatan yang berdasarkan pengampunan dosa-dosa mereka, oleh rahmat dan belas kasihan dari Allah kita, dengan mana Ia akan melawat kita, Surya pagi dari tempat yang tinggi, untuk menyinari mereka yang diam dalam kegelapan dan dalam naungan maut untuk mengarahkan kaki kita kepada jalan damai sejahtera."

RENUNGAN: 

Injil hari ini berisi pujian Zakharia akan karya besar Tuhan bagi Maria dan keluarganya. Zakharia memuji karya agung Allah yang melawat dan membawa kelepasan bagi Israel serta menumbuhkan "tanduk" keselamatan bagi umat-Nya, yaitu Mesias. Kedatangan Juru Selamat merupakan penggenapan janji Allah yang disampaikan kepada Abraham. Janji itu merupakan cara Allah untuk membawa umat-Nya kepada kekudusan dan kebenaran. Kedatangan Sang Mesias ke dunia begitu penting bagi manusia karena tanpa Dia hidup kita berakhir dalam kegelapan Iorong maut, tanpa pengharapan sama sekali. Untuk itulah Yohanes diutus sebagai nabi Allah untuk menyiapkan jalan bagi Tuhan. Yohanes menjadi nabi yang bertugas untuk mempersiapkan umat Israel, membuka hati dan pikiran mereka kembali akan janji Allah berabad-abad yang lampau akan kedatangan Sang Juru Selamat, dan menyiapkan mereka agar pantas menyambut kedatangan Mesias. Kedatangan Yesus harus diterima dengan hati yang bersih dan lurus. Bunda Maria sudah dipersiapkan menjadi ibu yang melahirkan Yesus. Begitu juga dengan Zakharia dan Elisabet, orang tua Yohanes, pun sudah dipersiapan terlebih dahulu untuk menyambut kedatangan Yesus. 

Berlaku juga hal yang sama untuk kita saat ini, yang tengah memasuki minggu keempat Adven dan tak lama lagi Natal tiba. Begitu penting dan agungnya kedatangan Yesus, Tuhan kita, sehingga Gereja menyediakan empat pekan lamanya untuk mempersiapkan umatnya menyambut kedatangan Yesus di hari Natal. Apakah selama ini kita sudah menyiapkan diri untuk menyambut kedatangan-Nya? Apakah kita sudah bersih dari dosa, sudah mengaku dosa atau menerima Sakramen Tobat, sudah melakukan karya amal kasih sebagai kado yang pantas untuk Tuhan yang akan lahir di rumah kita dan di dalam hati kita masing-masing? 

Ya Bapa, semoga kami pantas menyambut kehadiran Putra-Mu. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 24 DESEMBER 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel