RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 11 NOVEMBER 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 11 NOVEMBER 2022

PEKAN BIASA XXXII 

Pw. St. Martinus dr Tours Usk. (Putih)

BACAAN I: 2Yoh. 4-9

MAZMUR: 119:1.2.10.11.17.18;

BACAAN INJIL: Lukas 17:26-37

Pada hari Anak Manusia dinyatakan nanti, keadaannya seperti pada zaman Nuh dahulu. Orang makan minum, dan kawin; begitulah terus-menerus sampai Nuh masuk ke dalam kapal dan banjir datang serta menewaskan orang-orang itu semua. Juga seperti pada zaman Lot. Orang makan minum, berjual beli, bercocok tanam dan membangun rumah. Tetapi ketika Lot keluar dari Sodom, pada hari itu api dan belerang turun dari langit dan membinasakan mereka semua. Begitulah keadaannya nanti pada hari Anak Manusia dinyatakan. Pada hari itu orang yang sedang berada di atas atap rumahnya janganlah turun untuk mengambil barang-barangnya yang di dalam rumah. Begitu juga orang yang sedang di ladang janganlah kembali ke rumahnya. Ingatlah apa yang telah terjadi dengan istri Lot! Orang yang berusaha menyelamatkan hidupnya, akan kehilangan hidupnya. Tetapi orang yang kehilangan hidupnya akan menyelamatkannya. Percayalah: Pada malam itu, dua orang sedang tidur di satu ranjang, seorang akan dibawa dan seorang lagi ditinggalkan. Dua wanita sedang menggiling gandum, seorang akan dibawa dan seorang lagi ditinggalkan. (Dua orang sedang bekerja di ladang, seorang akan dibawa, dan seorang lagi ditinggalkan.)” Pengikut-pengikut Yesus bertanya, “Di mana itu akan terjadi, Tuhan?” Yesus menjawab, “Di mana ada bangkai, di situ ada burung pemakan bangkai.”

Renungan :

Kedatangan Kerajaan Allah selalu dikaitkan dengan datangnya bencana dan malapetaka yang kerap terjadi di belahan bumi. Mengapa selalu ada kecenderungan untuk mengaitkan bencana dengan 'hari kiamat'? Harus diakui, Yesus sendiri menyebutkan hal ini berulang-ulang saat mengajar di Bait Allah maupun di hadapan para murid-Nya. Akan tetapi, sering kali kita lupa atau sengaja lupa bahwa Yesus selalu mengingatkan, akan ada tanda-tanda alam yang akan menyertai kedatangan Kerajaan Allah, tetapi tentang kapan persisnya, Yesus selalu mengatakan Anak Manusia pun tidak tahu kapan datangnya Kerajaan Allah itu. Maka, Yesus melanjutkan pengajaran-Nya: Berjaga-jagalah! 

Dalam Injil hari ini, Yesus mengingatkan bahwa orang di zaman Nabi Nuh tidak diselamatkan karena hidup menurut kehendak mereka sendiri. Begitu juga di zaman Lot, mereka hidup dalam kesesatan duniawi, maka mereka binasa. Hidup dalam terang Allah, itulah jaminan kita memperoleh hidup kekal. Bagaimana dengan hidup kita saat ini? Masih adakah ruang dan waktu dalam hidup kita di zaman milenial ini, di mana otak dan hidup manusia dibanjiri dan dijejali dengan berbagai tawaran yang menggiurkan lewat media sosial yang justru sering kali membuat kita merasa capek dan kehilangan gairah hidup? Apakah masih akan ditemukan orang-orang yang setia menjalankan ajaran Tuhan dan menjadi terang di tengah gelapnya kehidupan saat ini? 

Ya Allah, berikanlah kami keteguhan kehendak agar kami tidak kehilangan pegangan hidup di saat banyak tawaran dunia diperhadapkan di depan mata kami. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 11 NOVEMBER 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel