PENDALAMAN IMAN KATOLIK MASA ADVEN TAHUN 2022

 


PENDALAMAN IMAN KATOLIK

MASA ADVEN 2022

KEUSKUPAN PURWOKERTO

TEMA: MENGGEREJA DEWASA INI

 

PERTEMUAN PERTAMA

TEMA: VISI MENGGEREJA KITA


PENGANTAR DAN PEMBUKA

Nyanyian (lampiran),Tanda Salib, Doa (lampiran)


LANGKAH-LANGKAH PERCAKAPAN

1. Membaca Visi Gereja Keuskupan Purwokerto

Gereja Keuskupan Purwokerto dalam bimbingan Roh Kudus bercita-cita menjadi paguyuban umat Allah yang beriman mendalam, tangguh dan dialogal serta sejahtera, demi terwujudnya persaudaraan sejati, kehidupan bersama yang bermartabat dan berkeadilan, serta keutuhan ciptaan.

2. Membaca Sabda Tuhan Mat 4:12-17

Yesus tampil di Galilea

Inilah Injil Suci menurut Matius. Dimuliakanlah Tuhan

Tetapi waktu Yesus mendengar, bahwa Yohanes telah ditangkap, menyingkirlah Ia ke Galilea. Ia meninggalkan Nazaret dan diam di Kapernaum, di tepi danau, di daerah Zebulon dan Naftali, supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yesaya: “Tanah Zebulon dan tanah Naftali, jalan ke laut, daerah seberang sungai Yordan, Galilea, wilayah bangsa-bangsa lain, -- bangsa yang diam dalam kegelapan, telah melihat Terang yang besar dan bagi mereka yang diam di negeri yang dinaungi maut, telah terbit

 

Terang." Sejak waktu itulah Yesus memberitakan: "Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!"

Demikianlah Sabda Tuhan. Syukur kepada Allah

3. Memahami Visi dalam Terang Sabda Tuhan

4. Mendalami Visi dalam Percakapan

1) Berapa jumlah umat katolik di lingkungan Anda? Berapa prosen dibandingkan dengan umat yang lain? Dari sekian jumal umat Katolik itu berapa orang yang hidupnya baik, dalam arti, tidak menjadi bahan pembicaraan hal buruk dari tetangga? Ada berapa umat Katolik yang dipercaya melayani di tengah masyarakat dalam jabatan di tingkat RT atau RW, desa, kabupaten?

2) Apa yang akan Anda lakukan di tempat tinggal Anda supaya terjadi persaudaraan sejati di lingkungan Anda? Atau supaya setiap pribadi (siapa pun mereka) di lingkungan Anda itu dihargai dan dihormati? Atau supaya ada keadilan? Atau supaya lingkungan sekitar Anda menjadi bersih, sehat, aman terhindar dari bencana?

5. Butir-butir Simpul Percakapan

Pemandu menyampaikan beberapa simpulan atas hasil percakapan yang telah berlangsung supaya peserta mendapat suatu bekal untuk menjalani panggilan dan melaksanakan perutusan di tengah masyarakat.

PENUTUP

1. Doa Untuk Paus Fransiskus (lampiran)

2. Bapa Kami, Tanda Salib, Nyanyian (Lampiran)

 



PERTEMUAN KEDUA

TEMA: MENGUNGKAPKAN IMAN

MELALUI LITURGI, DEVOSI DAN OLAH ROHANI


PENGANTAR DAN PEMBUKA

Nyanyian (lampiran), Tanda Salib, Doa (lampiran)

LANGKAH-LANGKAH PERCAKAPAN

1. Membaca Misi 1 dan 2

Misi no 1: Menyelenggarakan formasi iman dan kepribadian dalam semua jenjang usia dan tingkat pendidikan.

Misi no 2: Meningkatkan keterlibatan umat dalam liturgi, devosi dan olah rohani.

2. Membaca Sabda Allah Mat 7:24-27 Dua macam dasar

Inilah Injil Suci menurut Matius. Dimuliakanlah Tuhan

Pada suatu ketika, Yesus bersabda, "Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu. Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu, tetapi rumah itu tidak roboh sebab didirikan di atas batu.

Tetapi setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan tidak melakukannya, ia sama dengan orang yang bodoh, yang mendirikan rumahnya di atas pasir. Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu, sehingga robohlah rumah itu dan hebatlah kerusakannya."

Demikianlah Sabda Tuhan. Terpujilah Kristus.

3. Memahami Misi dalam Terang Sabda Tuhan

4. Mendalami Misi dalam Percakapan

Ada banyak kegiatan yang diselenggarakan (yang hendaknya diselenggarakan) oleh paroki atau stasi kita. Mari kita sharing: bagaimana saya bersikap terhadap pembinaan iman yang diselenggarakan oleh Gereja Katolik? Apa yang saya dapatkan dari ketekunan saya merayakan liturgi, devosi dan olah rohani?

5. Butir-butir Simpul Percakapan

Pemandu menyampaikan beberapa simpulan atas hasil percakapan yang telah berlangsung.

PENUTUP

1. Doa Untuk Pastor-Paroki (lampiran)

2. Bapa Kami ,Tanda Salib, Nyanyian (lampiran)

 

PERTEMUAN KETIGA

TEMA: MEWUJUDKAN IMAN DALAM KEHIDUPAN BERSAMA

PENGANTAR DAN PEMBUKA

Nyanyian (lampiran), Tanda Salib, Doa (lampiran)

LANGKAH-LANGKAH PERCAKAPAN

1. Membaca Misi ke-4, 5 dan 7

Misi no 4: Memberdayakan potensi umat dalam bidang sosial, ekonomi, pendidikan, kesehatan, politik, budaya dan hukum.

Misi no 5: Memberdayakan kaum beriman untuk semakin terlibat membangun masyarakat Indonesia yang bermartabat dan berkeadilan.

Misi no 7: Meningkatkan kepedulian umat dalam gerakan melestarikan lingkungan hidup.

2. Membaca Sabda Tuhan Mat 22:15-22 Inilah Injil Suci menurut Matius. Dimuliakanlah Tuhan

Suatu ketika pergilah orang-orang Farisi; mereka berunding bagaimana mereka dapat menjerat Yesus dengan suatu pertanyaan. Mereka menyuruh murid-murid mereka bersama-sama orang-orang Herodian bertanya kepada-Nya: "Guru, kami tahu, Engkau adalah seorang yang jujur dan dengan jujur mengajar jalan Allah dan Engkau tidak takut kepada siapapun juga, sebab Engkau tidak mencari muka. Katakanlah kepada kami pendapat-Mu: Apakah diperbolehkan membayar pajak kepada Kaisar atau tidak?" 

Tetapi Yesus mengetahui kejahatan hati mereka itu lalu berkata: "Mengapa kamu mencobai Aku, hai orang-orang munafik? Tunjukkanlah kepada-Ku mata uang untuk pajak itu." Mereka membawa suatu dinar kepada-Nya.

Maka Ia bertanya kepada mereka: "Gambar dan tulisan siapakah ini?" Jawab mereka: "Gambar dan tulisan Kaisar." Lalu kata Yesus kepada mereka: "Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah.” Mendengar itu heranlah mereka dan meninggalkan Yesus lalu pergi.

Demikianlah Sabda Tuhan. Terpujilah Kristus

3. Memahami Misi dalam Terang Sabda

4. Mendalami Misi Percapakan

Lihatlah keadaan di sekitar tempat tinggal Anda: Adakah keprihatinan yang Anda lihat dan temukan sedang terjadi entah dalam bidang social, ekonomi, pendidikan, kesehatan, politik, budaya atau hukum? Pilihlah salah satu keprihatinan yang mau Anda jawab dan carikan jalan keluar? Tentukan: siapa atau apa yang menjadi sasaran, indicator keberhasilan, waktu dan tempat pelaksanaan, sumber biaya, dan siapa yang dilibatkan. Untuk memudahkan, silakan isi kolom berikut:

Sasaran Indikator Target Kegiatan Waktu Biaya PJ

5. Butir-butir Percakapan PENUTUP

 

PERTEMUAN KE-EMPAT

TEMA: CARA HIDUP MENGGEREJA KITA


PENGANTAR DAN PEMBUKA

1. Nyanyian (lampiran), Tanda Salib, Doa (lampiran)


LANGKAH-LANGKAH PERCAKAPAN

1. Membaca misi ke 3 dan ke-6

Misi no 3: Menciptakan dan memberdayakan sistem kolaborasi dan partisipasi seluruh umat dalam kehidupan menggereja.

Misi no 6: Membangun sinergi dan kolaborasi antara umat dan masyarakat dalam membangun dialog.

2. Membaca Sabda Tuhan Mat 10:1-4

Yesus memanggil kedua belas rasul

Inilah Injil Suci menurut Matius. Dimuliakanlah Tuhan


Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan. Inilah nama kedua belas rasul itu: Pertama Simon yang disebut Petrus dan Andreas saudaranya, dan Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, Filipus dan Bartolomeus, Tomas dan Matius pemungut cukai, Yakobus anak Alfeus, dan Tadeus, Simon orang Zelot dan Yudas Iskariot yang mengkhianati Dia.

 Demikianlah Sabda Tuhan. Terpujilah Kristus.

3. Memahami Misi dalam Terang Sabda Tuhan

4. Mendalami Misi dalam Percakapan

Kita terlibat dalam pelayanan di Gereja dan di masyarakat. Sharingkan pengalaman keterlibatan Anda dalam usaha bekerjasama, berkolaborasi, dan dalam upaya membangun dialog. Apa yang baik yang sudah terjadi, yang menggembirakan dan apa saja perlu ditingkatkan?

5. Butir-butir Hasil Percakapan

Pemandu membuat dan menyampaikan kesimpulan dari hasil kesepakatan bersama.

PENUTUP

Doa Untuk Aneka Bidang Pekerjaan (lampiran, PS 197), Bapa Kami, Tanda Salib, Nyanyian

 ======= <> =======

LAMPIRAN-LAMPIRAN

1. DOA PEMBUKA

Allah yang mahabaik, kami bersyukur karena Engkau telah menghimpun umat-Mu di lingkungan St…… (sebutkan nama pelindung lingkungan) ini menjadi satu jemaat. Engkau telah menghimpun kami: bertekun dalam pengajaran para rasul dan dalam persekutuan, rajin berkumpul untuk memuji nama-Mu dan berdoa, serta bergembira bersaksi di tengah masyarakat.

Buatlah warga lingkungan kami ini, menjadi perwujudan paguyuban umat-Mu yang beriman mendalam, tangguh dan dialogal serta sejahtera, sehingga terwujudlah persaudaraan yang sejati, hidup bersama yang bermartabat dan berkeadilan serta bergiat melestarikan lingkungan hidup.

Mampukan kami hidup saling mengasihi, agar menjadi nyata bahwa kami sungguh-sungguh murid-murid-Mu, dan dengan demikian memberi kesaksian betapa indah dan menyenangkan hidup bersama sebagai saudara.

Semoga karena kesaksian kasih ini, orang-orang di sekitar kami terdorong untuk hidup dalam kasih dan persaudaraan yang sejati. Semoga kebahagiaan yang kami alami di lingkungan, juga kami bagikan kepada warga sekitar kami lewat karya pelayanan yang tulus kepada sesama, khususnya bagi yang menderita, lemah, tersingkir dan kurang mendapat perhatian dari sesamanya.

Buatlah kami tetap hidup sebagai satu kawanan dengan Yesus, Gembala kami dalam Gereja Katolik yang kudus. Berkatilah kami dan pertemuan kami ini, demi Kristus, Tuhan dan Pengantara kami. (Amin.)

 

2. DOA PENUTUP

Pertemuan 1: Doa Untuk Paus Fransiskus (PS 186)

Allah, Bapa yang maha pengasih, kami bersyukur kepada-Mu karena Yesus telah menghimpun umat kudus, yakni Gereja. Dengan penuh kasih Ia sendiri menggembalakan Gereja. Dialah Kepala Gereja yang satu, kudus, katolik dan apostolik.

Kami bersyukur kepada-Mu karena Engkau telah membangkitkan begitu banyak pemimpin umat untuk ambil bagian dalam karya kegembalaan Kristus sendiri. Maka kami mohon berkat-Mu bagi para pemimpin umat-Mu, terutama Paus kami Fransiskus, hamba para hamba-Mu. Dampingilah dia agar tetap setia akan panggilan suci-Mu. Semoga ia selalu berusaha meneladan Tuhan Yesus yang datang bukan untuk dilayani, tetapi untuk melayani.

Anugerahkanlah kesehatan dan kebijaksanaan kepada Paus kami. Semoga pelayanan kebapaannya menyuburkan iman kami, sehingga kami semakin berani melaksanakan tugas perutusan sebagai saksi Kristus, menjadi terang bagi masyarakat di sekitar kami. Semoga Paus kami mampu mempersatukan para gembala umat di seluruh dunia, agar mereka semua sehati sepikir melayani umat-Mu. Semua ini kami mohon dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.


Pertemuan 2: Doa Untuk Uskup Purwokerto (cf. PS 185) Ya Allah, Bapa yang maha pengasih, kami bersyukur kepada- Mu karena Tuhan Yesus telah membangun Gereja, dan telah

 

memanggil begitu banyak pelayan untuk mengajar, menguduskan, dan menggembalakan umat-Mu.

Kami berdoa bagi uskup kami Christophorus. Sebagai pemimpin umat Allah, semoga Beliau mengusahakan hidup yang tak bercela. Semoga selalu bertindak bijaksana, adil, dan saleh. Bantulah supaya selalu tampil sebagai pendamai, dapat menguasai diri, dan berpegang kepada perkataan yang benar, yang sesuai dengan ajaran yang sehat, supaya sanggup menasihati orang berdasarkan ajaran yang benar.

Bantulah Beliau memelihara dan memimpin Gereja dengan baik. Semoga mampu membangun jemaat keuskupan Purwokerto menjadi pengejawantahan Gereja semesta yang esa. Semoga Beliau penuh cinta dan prihatin kepada para imam, rekan kerjanya dalam melayani umat-Mu. Bantulah Beliau memelihara dan memupuk kekudusan para imam, dan membina hubungan serta kerja sama yang baik dengan mereka.

Tumbuhkanlah cinta persaudaraan sejati dalam diri Belia terhadap sesama uskup. Doronglah agar mampu melindungi dan memajukan kesatuan iman. Semoga Beliau memiliki perhatian yang nyata terhadap kesejahteraan seluruh Gereja. Bukalah hatinya bagi semua orang yang berkehendak baik. Buatlah agar peka terhadap keprihatinan warga masyarakat, terutama yang miskin dan lemah. Jadikanlah Beliau teladan serta pendorong umatnya dalam ikut serta menyejahterakan masyarakat.

Kami berdoa pula bagi para uskup yang mengalami kesulitan dalam melayani keuskupannya. Sudilah Engkau selalu

 

mendampinginya. Limpahilah mereka berkat istimewa, agar selalu tabah menghadapi tantangan yang ada. Semua ini kami mohon kepada-Mu, Bapa, dengan pengantaraan Yesus Kristus, Imam Agung umat-Mu, kini dan sepanjang masa. (Amin.)



Pertemuan 3: Doa Untuk Paroki dan Pastor-Paroki

Ya Bapa di surga, Engkau senang bila umat-Mu hidup rukun bersatu-padu, giat membangun dan taqwa kepada-Mu. Maka kami mohon, berilah umat paroki kami Roh Kesatuan, supaya selalu sehati dan sejiwa dalam karya, dan semoga kehidupan menjemaat di paroki kami sungguh diliputi keakraban persaudaraan. Curahkan ke atas kami Roh kehidupan, supaya dengan semangat membara kami bangkit dari kelesuan, dan bergiat memajukan paroki meningkatkan kegiatan-kegiatan dan amal bakti kepada-Mu.

Ya, Yesus, imam agung kami, kami bersyukur atas pastor paroki yang selalu mendorong dan menyemangati kami. Berilah pastor paroki kami kesehatan jasmani dan rohani yang tetap. Dampingilah ia supaya dapat memimpin paroki ini dengan sebaik-baiknya. Semoga ia sungguh menjadi gembala-Mu untuk membangkitkan yang lesu, meluruskan yang bengkok, mengembalikan yang sesat, dan mendamaikan segala silang selisih, supaya paroki kami menjadi paroki yang hidup dan bersatu-padu mewujudkan visi-misi Gereja Katolik Keuskupan Purwokerto seturut kehendak-Mu. Sebab Engkaulah Tuhan dan pengantara kami, kini dan sepanjang masa. Amin.

 

Pertemuan 4: Doa Untuk Aneka Bidang Pekerjaan (PS 197)

Allah, Bapa yang maha bijaksana, Engkau menghendaki agar kami menaklukkan bumi dan mengolahnya lewat aneka kerja. Dengan demikian Engkau membimbing kami memenuhi kebutuhan hidup kami.

Kami bersyukur karena melalui kerja yang bermacam macam kami Kau ikut sertakan dalam karya-Mu. Engkau sendiri terus bekerja sampai sekarang, bahkan Engkau turut bekerja dalam aneka pekerjaan yang digeluti umat-Mu. Bapa, kami bersyukur atas aneka bidang kerja dalam masyarakat kami, yang mencerminkan keragaman karya-Mu sendiri.

Teristimewa kami mengucap syukur atas pekerjaan kami; bantulah kami melaksanakannya dengan segenap hati dan penuh tanggung jawab. Kami percaya bahwa melalui pekerjaan ini engkau sendiri berkarya dalam diri kami. Semoga lewat pekerjaan ini kami dapat membantu orang-orang yang lemah, dan semoga pekerjaan kami sungguh menjadi pelayanan bagi sesama.

Bapa, kami mohon semangat kesetiaan, ketekunan dan pengorbanan, agar kami dapat meneladan Putra-Mu, Tuhan Yesus Kristus. Sebagaimana karya Bapa mendatangkan keselamatan, semoga pekerjaan kami pun mendatangkan kebaikan dan berguna bagi perkembangan kami serta bermanfaat bagi masyarakat.

Demikian pula kami berdoa bagi yang sedang berusaha mencari pekerjaan. Bantulah mereka agar tidak putus asa, dan segera menemukan apa yang dicita citakan.

 

Ya bapa, bantulah kami semua agar bekerja bukan hanya untuk makanan yang akan binasa, melainkan juga untuk makanan yang akan bertahan sampai ke hidup yang kekal. Bapa, kami persembahkan kepada-Mu, segala usaha dan niat kami, agar menjadi persembahan yang berkenan di hati-Mu. Amin.



3. NYANYIAN PEMBUKA DAN PENUTUP PERTEMUAN

Pilihlah nyanyian pada masa Advent untuk menandai dan merasakan suasana masa yang sedang berlangsung. Nyanyian bisa diambil dari Puji Syukur atau Madah Bakti, misalnya:


O DATANGLAH, IMANUEL (PS-442) do=D 3/4 1/4=112


O datanglah, Imanuel, tebus umat-Mu Israel,

yang dalam berkeluh kesah menantikan Penolongnya. Bersukalah, hai Israel, menyambut Sang Imanuel!

O Tuhan Allah, datanglah, Firman-Mu berkuasalah, seperti waktu Kauberi di atas puncak Sinai.

Bersukalah, hai Israel, menyambut Sang Imanuel!

O datang, Tunas Isai, patahkan belenggku pedih;

dan umat-Mu s'lamatkanlah, sengsaranya musnahkanlah. Bersukalah, hai Israel, menyambut Sang Imanuel!

O Kunci Daud, datanglah, gapura surga bukalah; tututplah jalan seteru, agar selamat umat-Mu.

Bersukalah, hai Israel, menyambut Sang Imanuel!

 

O Surya Pagi, datanglah dan jiwa kami hiburlah; halaukanlah gelap seram, bayangan maut yang kejam. Bersukalah, hai Israel, menyambut Sang Imanuel!


HAI, ANGKATLAH KEPALAMU (PS-445)

do=es 4/4 1/4=105

Hai, angkatlah kepalamu, gapura nan megah, sambutlah Raja mulia di dalam kotamu.

Siapa Raja mulia? Tuhanmu yang kekal.

Dialah Tuhan yang megah, perkasa dan teguh. Dialah Tuhan yang megah perkasa dan teguh.

Hai, angkatlah kepalamu, gapura abadi, sambutlah Raja mulia di dalam kotamu. Sang Raja itu siapakah? Siapa Raja mulia? Dialah Tuhan semesta; Yang Mahamulia. Dialah Tuhan semesta: Yang Mahamulia.

Alleluya, alleluya, alleluya, alleluya, alleluya. Amin, amin, amin.


PUTRI SION, NYANYILAH (PS-448)

do=es 2/4 1/4=66


Putri Sion, nyanyilah; soraklah, Yerusalem! Mari sambut Rajamu. Raja Damai; t'rimalah! Putri Sion, nyanyilah; soraklah Yerusalem!

Hosiana, Putra Daud, nama-Mu terpujilah! Dirikanlah takhta-Mu mahatinggi, mulia.

Hosiana, Putra Daud, nama-Mu terpujilah!

 

Hosiana, Putra Daud, Salam, Raja mulia. Raja Damai abadi, Putra Allah yang kekal. Hosiana, Putra Daud, Salam, Raja mulia!


MARIA, KAU PENUH BERKAT (PS-450a)

do=C 4/4 1/4=96

(Madah Bakti 327 - Terpilih Bunda Maria)


Maria, kau penuh berkat, terpilih oleh Allahmu mendapat tugas yang berat: menjadi ibu Penebus.

Kau melebihi kaum-Mu perihal tugas dan rahmat: engkau mengikuti putramu di jalan salib yang berat.

Sekarang kau teladanku di dalam ketaatanmu bersama Gereja putramu kepada Tuhan Allahmu.

Doakan umat putramu di dalam perjalanannya semoga imannya teguh menuju kerajaan-Nya.


FAJAR TELAH MULAI MENYINGSING (MB 325)

Fajar telah mulai menyingsing membangunkan pengharapan bagi dunia terasing jauh dari rahmat Tuhan. Bersukalah umat Allah Sambutlah sang Imanuel

Malam kelam sudah berlalu, siang terang sudah datang, menuntun jalan hidupku, mengajarkan kasih sayang.

Bersukacitalah umat Allah, Sambutlah sang Imanuel.

Tuhan tunjukkanlah kami cinta kasih-Mu abadi, datanglah harapan kami, pasti slamat kami nanti. Bersukacitalah umat Allah, Sambutlah sang Imanuel.


0 Response to "PENDALAMAN IMAN KATOLIK MASA ADVEN TAHUN 2022"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel