RENUNGAN HARIAN (SENIN, 31 OKTOBER 2022)



RENUNGAN HARIAN

SENIN, 31 OKTOBER 2022

PEKAN BIASA XXXI (Hijau)

St. Alfonsus Rodriques

BACAAN I: Flp. 2:1-4

MAZMUR: 131:1.2.3;

BACAAN INJIL: Lukas. 14:12-14

DOA PAGI:

Allah Bapa Mahamulia, bukalah telinga hati dan jasmaniku untuk dapat lebih memahami sapaan-Mu, terlebih pada hari ini agar aku dapat hidup dalam sukacita dan tidak hanya mementingkan diri sendiri melainkan kepentingan orang lain juga. Amin

RENUNGAN:

UNDANGAN UNTUK MEMBERI

Injil yang kita dengarkan pada hari ini sangatlah pendek, yakni sebanyak 3 ayat. Meskipun pendek, Injil Lukas dengan singkat, padat, dan jelas menerangkan nasihat Yesus tentang undangan perjamuan. Dalam kehidupan sehari-hari kita akrab dengan undangan pesta, entah pesta pernikahan atau pesta sunatan atau pesta ulang tahun, dan sebagainya. Biasanya tuan rumah yang mengadakan pesta akan mengundang sahabat kenalan mereka. 

Tamu undangan yang hadir dengan sendirinya akan membawa kado atau hadiah kepada tuan rumah. Kebiasaan kita mengikuti pesta menggambarkan adanya relasi pemberian dan penerimaan. Sejauh kita memberi maka kita akan mendapat. Banyak dari kita sering berpikir seperti itu, jika saya memberi maka saya pasti menerima. Namun, nasihat Yesus yang disampaikan kepada kita berbeda. Yesus menghendaki pemberian tanpa mengharapkan imbalan. Yesus menawarkan undangan untuk memberi. Jika ingin memberi ya memberilah tanpa berharap menerima, demikian nasihat Yesus di dalam Injil Lukas. Orang-orang miskin, orang-orang cacat, orang-orang lumpuh, dan orang-orang buta digunakan sebagai perumpamaan untuk melukiskan pemberian tanpa menerima sesuatu dari mereka. Pemberian secara total dan tulus itulah yang dikehendaki oleh Yesus. Yesus sendiri menjadi bukti nyata pemberian diri yang total dan tulus. 

Semangat yang ditawarkan Yesus ialah semangat berbagi kepada sesama. Hidup berbagi itu bermakna luas bukan sekadar berbagi makanan dan minuman. Hidup berbagi artinya, memberikan diri sepenuhnya kepada Tuhan dan sesama. Yesus menjadi model seorang yang memberikan diri secara total untuk keselamatan manusia. Yesus tidak mengharapkan apa-apa dari kita manusia. Kita diajak untuk mau berbuat seperti Yesus, yakni membagikan hidup. Alasan Yesus ke dunia adalah memberikan Diri-Nya bagi manusia. Sudah selayaknya kita berbuat yang sama, memberikan diri kita sepenuhnya kepada Yesus, dan mau melayani sesama tanpa mengharapkan imbalan. (Fr. Ignasius Anang Setia Darmanto, O.Carm)

"Berjalanlah dengan kaki anda di bumi,
tetapi hati anda di surga"
(St. Yohanes Don Bosco)

0 Response to "RENUNGAN HARIAN (SENIN, 31 OKTOBER 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel