RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 1 NOVEMBER 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 1 NOVEMBER 2022

PEKAN BIASA XXXI

HARI RAYA SEMUA ORANG KUDUS

BACAAN I: Why. 7:2-4.9-14

MAZMUR: 24:1-2.3-4ab.5-6;

BACAAN II: 1Yoh. 3:1-3

BACAAN INJIL: Matius 5:1-12a

Ketika Yesus melihat orang banyak itu, naiklah Ia ke atas bukit dan setelah Ia duduk, datanglah murid-murid-Nya kepada-Nya. Maka Yesuspun mulai berbicara dan mengajar mereka, kata-Nya: "Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga. Berbahagialah orang yang berdukacita, karena mereka akan dihibur. Berbahagialah orang yang lemah lembut, karena mereka akan memiliki bumi. Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan. Berbahagialah orang yang murah hatinya, karena mereka akan beroleh kemurahan. Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah. Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah. Berbahagialah orang yang dianiaya oleh sebab kebenaran, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga. Berbahagialah kamu, jika karena Aku kamu dicela dan dianiaya dan kepadamu difitnahkan segala yang jahat. Bersukacita dan bergembiralah, karena upahmu besar di sorga, sebab demikian juga telah dianiaya nabi-nabi yang sebelum kamu."

RENUNGAN

Hari ini, kita bersama Gereja Universal merayakan Semua Orang Kudus. Seorang dikategorikan kudus bukan dari penampilan fisik, tingkat kepopuleran, dan harta yang dimilikinya melainkan dari kebahagiaannya dalam menghadapi setiap realitas hidup. Kitab Wahyu dengan sangat indah menggambarkan orang-orang yang menghuni surga: "Mereka ini adalah orang-orang yang keluar dari kesusahan yang besar dan mereka telah mencuci jubah mereka dan membuatnya putih di dalam darah Anak Domba"(Why. 7:14). Itulah orang-orang yang berbahagia, itulah orang-orang kudus. 

Dalam bacaan kedua, St. Yohanes menegaskan: "Lihatlah, betapa besarnya kasih yang dikurniakan Bapa kepada kita, sehingga kita disebut anak-anak Allah dan memang kita adalah anak-anak Allah" (1 Yoh. 3:1). Siapa anak-anak Allah itu? Setiap orang yang menaruh pengharapan itu kepada-Nya, menyucikan diri sama seperti Dia yang adalah suci" (1Yoh. 3:3). Menjadi orang suci berarti menjadi orang yang mampu menjadi pembawa sukacita bagi sesama. Maka, ketika orang mampu menjadi pembawa sukacita bagi orang lain, dialah orang suci. Dan Yesus adalah orang suci, karena Dia membawa sukacita bagi orang lain. Dialah kabar sukacita. Dialah INJIL yang hidup. 

Bacaan Injil hari ini menegaskan, "Berbahagialah mereka yang.. .. karena merekalah empunya Kerajaan Surga. Siapa yang empunya Kerajaan Surga? Merekalah orang-orang yang berbahagia, merekalah orang-orang Kudus. Maka, setiap orang Kristen/ Katolik yang menyatakan dirinya sebagai pengikut Yesus dipanggil untuk menjadi kudus, menjadi orang suci, menjadi orang yang mampu membawa sukacita dan kebahagiaan bagi sesamanya. 

Ya Allah, jadikanlah kami orang-orang kudus-Mu yang siap berbagi sukacita dan kebahagiaan hidup kepada sesama kami. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 1 NOVEMBER 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel