RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 4 OKTOBER 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 4 OKTOBER 2022

PEKAN BIASA XXVII 

Pw. St. Fransiskus Assisi (Putih)

BACAAN I: Gal. 1:13-24

MAZMUR: 139:1-3.13-14ab.14c-15;

BACAAN INJIL: Lukas. 10:38-42

Ketika Yesus dan murid-murid-Nya dalam perjalanan, tibalah Ia di sebuah kampung. Seorang perempuan yang bernama Marta menerima Dia di rumahnya. Perempuan itu mempunyai seorang saudara yang bernama Maria. Maria ini duduk dekat kaki Tuhan dan terus mendengarkan perkataan-Nya, sedang Marta sibuk sekali melayani. Ia mendekati Yesus dan berkata: "Tuhan, tidakkah Engkau peduli, bahwa saudaraku membiarkan aku melayani seorang diri? Suruhlah dia membantu aku. "Tetapi Tuhan menjawabnya: "Marta, Marta, engkau kuatir dan menyusahkan diri dengan banyak perkara, tetapi hanya satu saja yang perlu: Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya."

RENUNGAN

Kemarin kita diajak untuk mencintai sesama. Lalu, hari ini, kepada kita diperlihatkan bagaimana mencintai Tuhan. Cara terbaik untuk mencintai Tuhan adalah mendengarkan Dia seperti yang dilakukan Maria. Duduk di dekat kaki Yesus, layaknya seorang murid. Maria melakukan apa yang diinginkan Bapa: "Dengarkanlah Dia" (Luk. 9:35). Sesungguhnya mendengarkan adalah hal pertama yang Tuhan inginkan dari kita. Hukum cinta kasih didahului dengan perkataan: Dengarlah, hai orang Israel (Mrk. 12:29). Amat logis bahwa nanti setelah kita mendengarkan apa yang Tuhan inginkan dari kita, baru kita dapat melaksanakannya. Dengan demikian, tindakan yang kita ambil berdasarkan pada kehendak Tuhan, bukan kehendak manusia semata. 

Rasul Paulus juga demikian. Setelah mendengarkan Tuhan di jalan ke Damsyik (Kis. 9:4), ia menyingkir ke tanah Arab. Kita tidak tahu apa yang dilakukannya di sana. Apakah dia pergi bertapa atau mewartakan Injil? Yang pasti Rasul Paulus mengambil jarak dengan yang lain supaya apa yang dilakukannya tidak berdasarkan pertimbangan manusia tetapi semata-mata kehendak Tuhan. Sejauh manakah keputusan dan tindakan kita dilandasi oleh kehendak Tuhan? Jawaban kita tergantung pada sejauh mana kita mengambil waktu untuk mendengarkan Tuhan. 

Tuhan Yesus, semoga firman-Mu selalu menjadi pelita kaki kami dan terang bagi jalan kami. Amin. 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 4 OKTOBER 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel