RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 11 OKTOBER 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 11 OKTOBER 2022

PEKAN BIASA XXVIII (Hijau)

B. Elias a Succursu

BACAAN I: Gal. 4:31b-5:6

MAZMUR: 119:41.44.44.45.47.48;

BACAAN INJIL: Lukas. 11:37-41

Ketika Yesus selesai mengajar, seorang Farisi mengundang Dia untuk makan di rumahnya. Maka masuklah Ia ke rumah itu, lalu duduk makan. Orang Farisi itu melihat hal itu dan ia heran, karena Yesus tidak mencuci tangan-Nya sebelum makan. Tetapi Tuhan berkata kepadanya: "Kamu orang-orang Farisi, kamu membersihkan bagian luar dari cawan dan pinggan, tetapi bagian dalammu penuh rampasan dan kejahatan. Hai orang-orang bodoh, bukankah Dia yang menjadikan bagian luar, Dia juga yang menjadikan bagian dalam? Akan tetapi, berikanlah isinya sebagai sedekah dan sesungguhnya semuanya akan menjadi bersih bagimu.

RENUNGAN:

Penampilan itu penting dalam berelasi dengan orang lain. Supaya kita dapat diterima dengan baik, kita berusaha berpakaian bersih dan rapi, bertutur kata yang santun, dan memperhatikan tata krama. Inilah tuntutan dunia jika kita hendak diterima oleh orang-orang sekitar kita. Bagaimana dalam relasi kita dengan Tuhan? Ada bahaya bagi orang beriman ketika relasi dengan Tuhan hanya dilihat dari praktik lahiriah saja. Padahal relasi kita dengan Tuhan harus berangkat dari hati kemudian praktik keagamaan. Yesus mengingatkan kita untuk tidak hanya memperhatikan bagian lahiriah dan melalaikan bagian batiniah. 

Yesus menawarkan satu petunjuk praktis - yaitu bersedekah - untuk membersihkan hati dari niat jahat. "Tetapi jika engkau memberi sedekah, janganlah diketahui tangan kirimu apa yang diperbuat tangan kananmu" (Mat. 6:3). Sedekah yang tulus untuk membantu sesama tentunya akan membersihkan hati. Tetapi, sedekah untuk mencari pujian hanya akan mengotori hati. Demikian juga dengan praktik keagamaan lainnya. Apakah praktik keagamaan kita berasal dari hati yang tulus? Jika kita melakukannya hanya demi pujian atau karena kebiasaan, maka sia-sialah kebebasan yang kita terima dari Kristus. Kita berdoa, melakukan mati raga, dan beramal karena kita mencintai Tuhan yang lebih dahulu mencintai kita. Itulah kebebasan kita anak-anak Allah.

Tuhan Yesus, murnikanlah hati kami selalu. Semoga kami mampu memberi dengan tulus, tanpa cenderung untuk meluhurkan diri kami sendiri. Amin. 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 11 OKTOBER 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel