RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 15 OKTOBER 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU, 15 OKTOBER 2022

PEKAN BISA XXVIII

Pw. Sta. Teresia dr Avilla (Putih)

BACAAN I: Ef. 1:15-23;

MAZMUR: 8:2-3a.4-7;

BACAAN INJIL: Lukas 12:8-12

Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia, Anak Manusia juga akan mengakui dia di depan malaikat-malaikat Allah. Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, ia akan disangkal di depan malaikat-malaikat Allah. Setiap orang yang mengatakan sesuatu melawan Anak Manusia, ia akan diampuni; tetapi barangsiapa menghujat Roh Kudus, ia tidak akan diampuni. Apabila orang menghadapkan kamu kepada majelis-majelis atau kepada pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa, janganlah kamu kuatir bagaimana dan apa yang harus kamu katakan untuk membela dirimu. Sebab pada saat itu juga Roh Kudus akan mengajar kamu apa yang harus kamu katakan."

RENUNGAN: 

Kristus adalah kepala Gereja, dan Gereja adalah Tubuh-Nya. Ini meyakinkan kita bahwa meskipun Kristus telah diangkat dan dimuliakan di dalam surga, la tetap hadir di dunia dalam Gereja-Nya. Sebagai konsekuensinya, kita tetap boleh mengalami karya penebusan Kristus lewat pelayanan Gereja. Berkat pelayanan sakramennya, kita tetap boleh mendapatkan santapan rohani - Sabda dan Tubuh Kristus - dan pengampunan dari Tuhan. Ketika kita sakit berat atau berusia lanjut, kita pun dikuatkan dan ditenangkan dengan Urapan Orang Sakit. Sungguh sebuah keberuntungan bagi kita yang telah menjadi anggota Gereja. 

Keberuntungan ini mendesak kita untuk mewartakan Kristus kepada sesama. Kita bertumbuh dalam iman, ketika iman itu dibagikan. Iman memang dapat dibagikan lewat perbuatan. Akan tetapi, tidak pernah cukup hanya berbagi dengan sesama lewat perbuatan, misalnya, ikut ambil bagian dalam menyelesaikan masalah sosial, karena hanya dengan itu kita berbagi terlalu sedikit. Kita perlu juga membagikan rahmat sakramen yang berlimpah itu. Rahmat sakramen itu bukan hanya untuk kita, tetapi untuk semua orang. Kita tidak perlu malu atau takut menawarkannya kepada sesama. Kita perlu mengesampingkan perasaan seperti itu dan percaya bahwa Roh Kudus akan menolong kita menemukan kata-kata dan cara yang tepat untuk mewartakannya kepada sesama. 

Ya Roh Kudus, mampukan kami untuk mewartakan Kristus dengan berani dan bijak di mana pun kami berada. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 15 OKTOBER 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel