RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 5 OKTOBER 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

RABU, 5 OKTOBER 2022

PEKAN BIASA XXVII (HIJAU)

B. Eugenius Bossilkoff;

BACAAN I: Gal. 2:1-2.7-14

MAZMUR: 117:1.2;

BACAAN INJIL: Injil Lukas 11:1-4

Pada suatu kali Yesus sedang berdoa di salah satu tempat. Ketika Ia berhenti berdoa, berkatalah seorang dari murid-murid-Nya kepada-Nya: "Tuhan, ajarlah kami berdoa, sama seperti yang diajarkan Yohanes kepada murid-muridnya." Jawab Yesus kepada mereka: "Apabila kamu berdoa, katakanlah: Bapa, dikuduskanlah nama-Mu; datanglah Kerajaan-Mu. Berikanlah kami setiap hari makanan kami yang secukupnya dan ampunilah kami akan dosa kami, sebab kamipun mengampuni setiap orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan."

RENUNGAN:

Kita sebagai pengikut Kristus dituntut untuk selalu mengusahakan persatuan di antara kita. Kita bisa berkaca pada Paulus yang tidak hanya mewartakan Injil tetapi juga mencari persatuan di antara para murid. Mungkin kita berbeda dalam cara beribadat dan berdoa, tradisi gerejawi, kebiasaan hidup, atau menafsirkan Kitab Suci, tetapi janganlah perbedaan inr menjauhkan kita satu dengan yang lain. Kita perlu mencari yang dapat menyatukan kita dalam pewartaan kita. 

Paulus memperlihatkan salah satunya, yaitu saudara-saudari kita yang miskin. Kita dapat bekerja sama bagaimana membantu mereka. Di atas semua yang dapat menyatukan kita adalah Bapa kita di surga. Doa Bapa Kami adalah doa yang paling banyak kali didoakan oleh semua pengikut Kristus. Ketika Yesus mengajar kita menyapa Tuhan sebagai Bapa, la mengajar kita untuk tetap bersaudara satu dengan yang lain, bukan hanya dengan sesama Katolik, tetapi dengan siapa saja. Mari kita mengikuti jejak para paus kita, misalnya Yohanes XXIII, Paulus VI, Yohanes Paulus Il, Benediktus XVI, dan Fransiskus, yang pergi merangkul saudara-saudari kita dari beda gereja, agama, bahkan mereka yang tidak beragama. Mari kita melihat setiap orang sebagai saudara atau saudari, terutama mereka yang miskin papa. 

Tuhan Yesus, terima kasih Engkau telah menunjukkan Bapa kepada kami. Semoga kami melihat Engkau di dalam sesama kami terutama yang hina dina. Amin. 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 5 OKTOBER 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel