RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 12 OKTOBER 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

RABU, 12 OKTOBER 2022

PEKAN BIASA XXVIII (HIJAU)

St. Wilfridus; St. Serafinus;

BACAAN I: Gal. 5:18-25

MAZMUR: 1:1-2.3.4.6;

BACAAN INJIL: Injil Lukas 11:42-46

Tetapi celakalah kamu, hai orang-orang Farisi, sebab kamu membayar persepuluhan dari selasih, inggu dan segala jenis sayuran, tetapi kamu mengabaikan keadilan dan kasih Allah. Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan. Celakalah kamu, hai orang-orang Farisi, sebab kamu suka duduk di tempat terdepan di rumah ibadat dan suka menerima penghormatan di pasar. Celakalah kamu, sebab kamu sama seperti kubur yang tidak memakai tanda; orang-orang yang berjalan di atasnya, tidak mengetahuinya." Seorang dari antara ahli-ahli Taurat itu menjawab dan berkata kepada-Nya: "Guru, dengan berkata demikian, Engkau menghina kami juga." Tetapi Ia menjawab: "Celakalah kamu juga, hai ahli-ahli Taurat, sebab kamu meletakkan beban-beban yang tak terpikul pada orang, tetapi kamu sendiri tidak menyentuh beban itu dengan satu jaripun.

Renungan 

Hukum tetap diperlukan untuk hidup bersama. Akan tetapi, mereka yang dibimbing oleh Roh, mereka hidup dengan baik melampaui yang dituntut oleh hukum. Tidak ada hukum yang berlawanan dengan kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, sikap lemah lembut, dan penguasaan diri. Dalam melaksanakan hukum, baik hukum masyarakat maupun gerejawi, jangan sampai kita sibuk dengan aturan-aturan kecil sehingga mengabaikan hukum yang lebih penting. Contohnya kita sibuk dengan aturan cara berpakaian yang pantas dan agamis, tetapi tidak peduli pada nasib TKI wanita. Ini dapat dihindari sekiranya hidup kita sungguh dibimbing oleh Roh. 

Kadang kita mendapati hukum, baik yang dibuat oleh negara maupun agama, yang menciptakan budaya kematian di mana orang tidak menghargai hidup sesama dan dirinya sendiri. Kita menjadi terbiasa menyaksikan aborsi, eutanasia, hukuman mati, bom bunuh diri, serangan terorisme, dan perang. Sebagai pengikut Kristus, tugas kita adalah memperlihatkan hidup yang dituntun oleh Roh Kudus itu. Jika kita bertanggun jawab secara langsung atas hukum-hukum seperti itu, baiklah kita mengupayakan untuk penghapusannya. Hukum yang baik tentulah hukum yang melindungi hidup setiap individu dan masyarakat. 

Tuhan Yesus, berikanlah kebijaksanaan kepada pemerintah dan anggota legislatif kami, supaya mereka membuat hukum yang baik bagi semua orang. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 12 OKTOBER 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel