RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 28 OKTOBER 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 28 OKTOBER 2022

PEKAN BIASA XXX

Pesta St. Simon & Yudas, Rasul (Merah)

BACAAN I: Ef. 2:19-22

MAZMUR: 19:2-3.4-5;

BACAAN INJIL: Lukas 6:12-19

Pada waktu itu pergilah Yesus ke bukit untuk berdoa dan semalam-malaman Ia berdoa kepada Allah. Ketika hari siang, Ia memanggil murid-murid-Nya kepada-Nya, lalu memilih dari antara mereka dua belas orang, yang disebut-Nya rasul: Simon yang juga diberi-Nya nama Petrus, dan Andreas saudara Simon, Yakobus dan Yohanes, Filipus dan Bartolomeus, Matius dan Tomas, Yakobus anak Alfeus, dan Simon yang disebut orang Zelot, Yudas anak Yakobus, dan Yudas Iskariot yang kemudian menjadi pengkhianat. Lalu Ia turun dengan mereka dan berhenti pada suatu tempat yang datar: di situ berkumpul sejumlah besar dari murid-murid-Nya dan banyak orang lain yang datang dari seluruh Yudea dan dari Yerusalem dan dari daerah pantai Tirus dan Sidon. Mereka datang untuk mendengarkan Dia dan untuk disembuhkan dari penyakit mereka; juga mereka yang dirasuk oleh roh-roh jahat beroleh kesembuhan. Dan semua orang banyak itu berusaha menjamah Dia, karena ada kuasa yang keluar dari pada-Nya dan semua orang itu disembuhkan-Nya.

RENUNGAN:

Meskipun tidak diceritakan banyak oleh Kitab Suci, Simon orang Zelot dan Yudas anak Yakobus telah menjalankan apa yang diperintahkan Yesus, yaitu diutus untuk mengajar orang lain tentang kasih Tuhan dan menjadikan semua bangsa murid-Nya. Tugas perutusan tersebut kemudian dilanjutkan Oleh orang lain termasuk mereka yang sebagian besar namanya tidak pernah disebut dalam catatan sejarah. Ketidaktenaran mereka membantu kita untuk memahami bahwa setiap orang Kristen dipanggil menjadi pewarta Injil. 

Lewat pembaptisan, kita telah menjadi anggota keluarga Allah. Sebagai anggota, kita mempunyai hak dan kewajiban. Kita berhak mendapatkan asupan kasih Tuhan untuk bertumbuh dalam Roh. Kewajiban kita adalah membagikan kasih Tuhan itu. Kasih Tuhan tidak hanya seputar materi dan keahlian, tetapi juga iman. Jika kita hanya berbagi materi dan keahlian, kita memberi terlalu sedikit. Kita juga perlu berbagi iman. Iman itu diperteguh manakala dia diberikan kepada orang lain. 

Tetapi, bagaimana berbagi iman dalam masyarakat yang beragam agama? Kita dapat dituduh kristenisasi atau proselitisme. Dalam situasi ini, salah satu cara yang baik adalah siap sedia menjawab pertanyaan dari pemeluk agama lain tentang iman kita. Kegiatan ini disebut berapologi. Akan ada saatnya orang bertanya tentang iman kita. Siapkah kita menjawab mereka? 

Tuhan Yesus, semoga nama-Mu diwartakan dan dimuliakan di seluruh bumi. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 28 OKTOBER 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel