RENUNGAN HARIAN (SABTU, 1 OKTOBER 2022)



RENUNGAN HARIAN

SABTU, 1 OKTOBER 2022

PEKAN BISA XXVII

Pesta St. Theresia Kanak-Kanak Yesus (PUTIH)

BACAAN I:Yes. 66:10-14b;

MAZMUR: 131:1.2.3;

BACAAN INJIL: Matius 18:1-5

Doa Pagi:

Tuhan Yesus, ajaran-Mu telah membuka mata hari para murid-Mu untuk belajar rendah hati. Kumohon, bimbinglah aku dengan Roh-Mu agar berani bertobat dan menjadi seperti anak kecil dihadapan-Mu, sehingga pantaslah akum masuk ke dalam Kerajaan Surga abadi. Amin

Renungan Harian:

ORANG BESAR 

Ada sebuah apel kerja, pembina apel tiba-tiba berseru, "Pak Khotib...Pak Khotib...tolong sound-nya." Saat itu microphone yang dipakai sedang mati dan tampak Pak Khotib berlari dari samping barisan menuju tempat mixer sound sistem berada. "Dialah orang penting, yaitu orang yang selalu ada saat dicari dan segera bergerak untuk berbuat sesuatu", demikian lanjut pembina apel sambil menunjuk Pak Khotib yang kembali masuk barisan. 

Masyarakat kita mungkin mendefinisikan orang besar sebagai orang yang punya jabatan, punya posisi yang dihormati banyak orang, punya banyak gelar, atau mungkin orang yang lulus dari universitas ternama. Kerangka berpikir ini rupanya juga menjadi kerangka berpikir para murid Yesus seperti dalam Injil hari ini. Mungkin para murid mengira bahwa yang terbesar dalam Kerajaan Surga adalah mereka yang duduk di kanan atau kiri Yesus, duduk di tempat yang agak tinggi, dan seterusnya. Hari ini juga, semua murid Yesus tengah diajar dan diberikan pemahaman baru tentang arti menjadi yang terbesar. 

Orang besar adalah orang yang berani mencari yang kecil dan menjadi "kecil". Santa Theresia dari Kanak-Kanak Yesus atau Theresia Kecil yang kita peringati hari ini menjadi teladan bagi kita. la selalu melukiskan dirinya sebagai: pensil, bola, bunga, atau apa pun dalam ukuran kecil; sebagaimana pekerjaan keseharian yang dia lakukan: menyapu, menyapa, menulis, berdoa, dan lainnya. Namun demikian, pekerjaan kecil dan remeh itu dikerjakannya dengan cinta yang besar. 

Apakah kita ingin disebut orang besar? Lakukan hal-hal kecil dan sederhana di manapun kita berada dengan penuh cinta. Karena orang besar adalah mereka yang mau berbuat sesuatu dengan tulus dan dengan cinta. la mencari, menolong, dan berbuat sesuatu untuk orang Iain meski tampak remeh dan kecil. Semoga hari ini kita bisa melakukan sesuatu, meski kecil dan remeh untuk orang-orang dan juga alam di sekitar kita.

"Kekudusan hanya terdiri dari melakukan kehendah Tuhan"
(St. Theresia dr Kanak-Kanal Yesus)

0 Response to " RENUNGAN HARIAN (SABTU, 1 OKTOBER 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel