RENUNGAN HARIAN (RABU, 28 SEPTEMBER 2022)



RENUNGAN HARIAN

RABU, 28 SEPTEMBER 2022

PEKAN BIASA XXVI (HIJAU)

St. Wenseslaus; St. Eutakia;

BACAAN I: Ayb. 9:1-12.14-16

MAZMUR: 88:10b-15;

BACAAN INJIL: Injil Lukas 9:57-62

RENUNGAN HARIAN:

PILIHAN TERBAIK IKUT YESUS 

Seorang lelaki, Marga Sinaga yang berasal dari Sibabitoruan, setelah menerima Kristus, ia dipaksa oleh kepala Suku Batak Toba untuk meninggalkan imannya. Namun, ia berkata, "Mengikut Yesus keputusanku." Sekalipun diancam bahwa kepalanya akan dipenggal, ia tak gentar. Ketika melihat istrinya dibunuh, keputusannya pun tidak berubah. Katanya, "Tetap kuikut walau sendiri." Sampai ia sendiri dibunuh. Sungguh ajaib! Keputusan iman lelaki itu membawa kepala suku dan penduduk desa tersebut bertobat dan mengikuti Yesus! Inilah reaksi Yesus terhadap keputusan para murid yang bertekad mengikuti-Nya. Pengakuan mengikuti Yesus bukan hanya berarti kesediaan mengikuti-Nya, tetapi menerima semua konsekuensi saat mengikuti-Nya dengan sikap teguh dan tidak goyah, meskipun kenyataan kadang tidak sesuai harapan. 

Inilah makna yang terdapat dalam perkataan Yesus, "Sebab Anak Manusia tidak mempunyai tempat untuk meletakkan kepala-Nya." Panggilan mengikuti Yesus berarti kesediaan melepaskan diri dari segala keterikatan pada hidup yang lama, menyangkal diri, dan memberi diri bagi pelayanan. Sayangnya, saat Yesus memanggil, banyak orang yang berdalih karena masih terikat pada hidup lamanya. Pengakuan mengikuti Yesus berarti kesediaan memberi hidup, waktu, tenaga, juga pikiran bagi Tuhan. Ibarat petani yang membajak, ia memfokuskan pandangannya pada tujuan. la tidak boleh menoleh ke belakang lagi. Kita belajar bahwa ketika membuat keputusan untuk mengikut Yesus, kita harus fokus kepada Yesus dan siap menerima segala konsekuensinya. 

Marilah kita bersyukur karena memiliki Yesus Kristus, yang menyatakan rahasia di balik keputusan setiap orang yang mengikuti-Nya. Mari, kita lanjutkan perjalanan iman ini untuk tetap mengikuti-Nya! Pemuda Marga Sinaga memberikan contoh yang baik. Setia pada Kristus sampai akhir. Ya Bapa, dalam anugerah-Mu pimpinlah kami untuk mengikuti-Mu. Amin. (Rm. Adrianus Feriyanto, O.Carm) 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN (RABU, 28 SEPTEMBER 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel