RENUNGAN HARIAN (KAMIS, 15 SEPTEMBER 2022)



RENUNGAN HARIAN

KAMIS, 15 SEPTEMBER 2022

PEKAN BIASA XXIV

Pw. SP Maria Berdukacita (Putih)

BACAAN I: Ibr. 5:7-9

MAZMUR: 31:2-3a.3b-4.5-6.15-16;

BACAAN INJIL: Injil Yohanes 19:25-27

RENUNGAN HARIAN:

MENJADI MURID YANG SETIA 

Di sebuah desa terpencil, hiduplah sebuah keluarga sederhana yang memiliki devosi pada Bunda Maria. Sekali waktu, sang anak bertanya kepada ibunya yang selalu berdoa Rosario setiap malam katanya, "Mama, mengapa kita menyembah Bunda Maria?" "Bukan menyembah, Nak. Kita berdoa bersama Bunda Maria supaya doa-doa kita sampai pada Yesus," Jawab sang ibu. 

Bunda Maria dalam pengalaman iman Katolik memiliki peran yang istimewa. Hari ini, Gereja merayakan peringatan wajib Santa Perawan Maria Berdukacita. la mau menerima tawaran Allah dan dipakai untuk menjadi perpanjangan tangan-Nya. Sejak Maria bersedia mengandung dari Roh Kudus, ia sadar akan bahaya yang menimpanya dan berusaha menjaga Anak yang dikandungnya. Selama Yesus melakukan karya perutusan, Maria juga setia menemani Anak-Nya bahkan sampai wafat disalib. 

Peranan Maria dalam sejarah keselamatan merupakan peranan yang sangat istimewa. Dalam menghormati Bunda Maria, satu hal yang harus kita ingat bahwa Bunda Maria mengambil bagian di dalam imamat Kristus. Bunda Maria sangat tergantung pada Kristus serta selalu terarah kepada Putra-Nya. Betapa pun luhurnya Bunda Maria, dia tetap manusia ciptaan Allah dan kita tidak menyembah Maria tetapi kita menghormatinya sebagai Bunda Tuhan, Bunda Gereja, dan Bunda kita. 

Seorang kristiani dapat meneladan Bunda Maria sebagai orang yang rendah hati. la selalu berusaha menyimpan segala perkara dalam hatinya. Pengalaman hidup kita mungkin tidak sama seperti pengalaman Bunda Maria. Kita dapat meneladan sikap dan tindakannya sebagai orang yang taat pada kehendak Allah. Sikap setia kepada Yesus dalam berbagai situasi menjadi cara kita untuk mencapai tujuan hidup kita sebagai seorang beriman. Mari kita belajar dari Bunda Maria yang tidak pernah meninggalkan Putra-Nya, bahkan ketika dalam situasi yang sangat menderita. (Rm. Tri Prasetyo, O.Carm.)


0 Response to "RENUNGAN HARIAN (KAMIS, 15 SEPTEMBER 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel