RENUNGAN ROHANI (KAMIS, 25 AGUSTUS 2022)

renungan harian


RENUNGAN ROHANI

KAMIS, 25 AGUSTUS 2022


Pw. St. Ludowikus; St. Yosef dr Calasanz

BACAAN I: 1Kor. 1:1-9

MAZMUR: 145:2-3.4-5.6-7;

BACAAN INJIL: Injil Matius 24:42-52


RENUNGAN HARIAN:

PAKET LENGKAP

Sering  kita temui iklan makanan siap saji yang menawarkan paket lengkap makanan terdiri dari nasi, dua potong ayam, dan minuman soda. Kita bisa mendapatkan paket tersebut dengan harga diskonjika kita membayarnya secara digital atau non tunai. 

Hari ini Yesus mengajak kita untuk berjaga-jaga. Kapan la datang ke dunia tidak ada yang tahu. Yang diharapkan dari manusia adalah berjaga-jaga. Lalu, apa yang kita lakukan saat berjaga-jaga? Yesus mengharapkan manusia memiliki paket lengkap dalam hidupnya, yaitu setia dan bijaksana dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. 

Bagaimana kita bisa setia dan bijaksana dalam hidup mengikuti Yesus? Kesetiaan ditunjukkan dengan tetap teguh pada iman yang diyakini, meskipun banyak cobaan yang menghadang. Kesetiaan terhadap pasangan bagi yang memiliki pasangan, setia pada kaul kebiaraan bagi kaum religius, setia dalam mendampingi anak-anak dengan aneka macam kelakuan yang mereka lakukan. Kunci agar seseorang setia, yaitu: terbuka dalam segala hal termasuk karya Roh Kudus, tidak memendam kesedihan, dan selalu bahagia, bisa mengendalikan emosi, dan tidak egois. 

Sedangkan kebijaksanaan tampak dalam sikap kita menyikapi suatu masalah, misalnya selalu berpikir sebelum berbicara, mempertimbangkan dengan matang sebelum membuat keputusan, bertanggung jawab, tidak mudah dendam, dan tidak malu mengakui kesalahan dengan minta maaf terlebih dahulu. Paus Fransiskus memberikan resep agar kita menjadi orang bijaksana, katanya, "Mintalah Roh Kudus untuk memberi kalian rahmat untuk membedakan yang baik dari yang kurang baik, sebab mudahlah untuk membedakan yang baik dari yang jahat." 

Paket komplit dalam hidup, kesetiaan dan kebijaksanaan merupakan jalan untuk membawa kita pada hidup sejati, yaitu Tuhan sendiri. Paus Fransiskus mengatakan, "Tetaplah setia dalam iman sampai akhir dan Tuhan akan memberimu mahkota kehidupan." Oleh karena itu, kita diharapkan untuk mendekatkan diri dengan Tuhan dan menghadirkan Dia dalam setiap tindakan dan pekerjaan kita. Sehingga ketika la datang, kita didapatinya sedang berjaga-jaga. [Bruder Widi Nugroho, O. Carm.]

0 Response to "RENUNGAN ROHANI (KAMIS, 25 AGUSTUS 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel