RENUNGAN ROHANI (JUMAT, 26 AGUSTUS 2022)

renungan harian


RENUNGAN ROHANI

JUMAT, 26 AGUSTUS 2022

PEKAN BIASA XXI (HIJAU)

Sta.Teresia Yomet, Prw

BACAAN I: 1Kor. 1:17-25

MAZMUR: 33:1-2.4-5.10ab.11;

BACAAN INJIL: Matius 25:1-13

RENUNGAN HARIAN:

BIJAKSANA 

Hidup manusia ini dihadapkan pada hal yang penting dan kurang penting, serta hal yang mendesak dan tidak mendesak. Ukuran penting itu mengenai manfaat atau tidak bermanfaat yang diperoleh untuk kita manusia ini. Kalau mendesak dan tidaknya itu berkaitan dengan harus segera dilakukan atau bisa ditunda lain waktu. Penting dan mendesak itu harus dilakukan. Tidak penting dan tidak mendesak adalah hal yang sering dilakukan hanya sekadar omong kosong, gosip, gibah, dan sejenisnya. 

Dalam hidup rohani juga tidak jarang dihadapkan dengan hal serupa diatas. Kehidupan rohani itu penting atau kurang penting, mendesak atau boleh ditunda lain waktu. Seperti dalam melaksanakan pertemuan kelompok doa ada motivasi lain selain untuk berdoa. Mungkin supaya bisa kumpul dengan teman-teman dan berbagi cerita. Kadang motivasi juga menjadi tidak murni. Ada maksud di balik itu semua yang dilakukan meskipun dalam konteks kegiatan rohani. 

Melihat tantangan hidup ini, maka kita harus berusaha untuk bijaksana. Injil hari ini berkisah tentang dua kelompok gadis yang bijaksana dan bodoh. Bijaksana karena mempersiapkan cadangan minyak untuk keperluan pelita yang dibawa menyongsong kedatangan pengantin. Sedangkan kelompok wanita yang kurang bijaksana, maunya santai, tidak repot, dan tidak susah-susah. Maka hasilnya akan menyusahkan dan mengecewakan diri sendiri karena tidak boleh ikut pesta. 

Hidup kita di dunia ini sama seperti gadis yang menunggui pengantin datang. Kita tidak paham akan kapan Yesus menjemput kita supaya ikut perjamuan nikah di surga. Maka kita selama hidup ini harus bijak dalam mempersiapkan diri. Bijak dalam membekali diri demi menyongsong pengantin. Kalau kita sudah bijaksana dalam membawa bekal dan hidup rohani, maka bila tiba-tiba pengantin datang, kita pun sudah siap untuk ikut perjamuan nikah di surga. Mari, kita berusaha untuk selalu merencanakan dan mengisi masa depan dengan bijaksana dalam hidup. [Bruder Yohanes Suparno, O.Carm]


0 Response to "RENUNGAN ROHANI (JUMAT, 26 AGUSTUS 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel