RENUNGAN HARIAN (SABTU, 20 AGUSTUS 2022)



RENUNGAN HARIAN

SABTU, 20 AGUSTUS 2022

PEKAN BISA XX (HIJAU)

St. Bernardus

Yeh. 43:1-7a; 

Mzm. 85:9ab-10,11-12,13-14; 

Mat. 23:1-12;

RENUNGAN HARIAN:

Yesus mengecam para ahli Taurat dan orang Farisi yang "menduduki kursi Musa." Pada zaman Yesus kedua kelompok ini memang menjadi pengajar umat sebab mereka memang mempelajari kitab Taurat dengan baik. Karena itu, Yesus memerintahkan para pengikut-Nya untuk mengikuti dan melaksanakan apa yang mereka ajarkan, sebab ajaran mereka diambil dari kitab Taurat. Akan tetapi, Yesus menasihati para pengikut-Nya agar tidak mengikuti perbuatan mereka, sebab "mereka mengajarkannya tetapi tidak melakukannya." 

Mereka itu suka mencari kedudukan, penghormatan dan pujian dari orang lain. Itulah yang dikecam Yesus. Sebaliknya, Dia menghendaki agar umat-Nya hanya menghormati dan mengagungkan Tuhan Yesus, sedangkan para penganut-Nya, termasuk mereka yang diberi kepercayaan untuk mengajar dan memimpin umat, adalah saudara yang sederajat. 

Idealnya seseorang yang berkhotbah menghayati apa yang dia khotbahkan. Akan tetapi, dalam kenyataannya, tidaklah selalu demikian. Karena kelemahan manusiawinya, seorang pengkhotbah tidak selalu mewartakan kebenaran yang sudah dia hayati. Dari sebab itu, sering umat bertanya, "Bagaimana kami harus bersikap terhadap seseorang yang berkhotbah tentang sesuatu yang kami tahu tidak dia hayati sendiri." Ajaran Yesus dalam Injil hari ini bisa memberikan jawabannya. 

Kebenaran tetap tinggal kebenaran, biarpun diucapkan oleh orang yang tidak melaksanakannya. Karena itu, perlu kita mendengarkan kebenaran yang diucapkannya itu. 

Seseorang yang berkhotbah tidak selalu bermaksud untuk sharing penghayatan pribadi tetapi sekedar menyampaikan isi kitab suci. Sangat mungkin, dia sendiri termasuk orang yang sedang berjuang menghayati kebenaran yang diwartakannya. Jadi, sikap yang bijak adalah memandang si pengkhotbah dan diri sendiri sebagai pendengar yang sama-sama mau mendengarkan sabda Tuhan dan sama-sama belajar menghayatinya.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN (SABTU, 20 AGUSTUS 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel