RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 21 AGUSTUS 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

MINGGU, 21 AGUSTUS 2022

PEKAN BIASA XXI (HIJAU)

BACAAN I: Yes. 66:18-21;

Mzm. 117:1.2; 

BACAAN II: Ibr. 12:5-7.11-13; 

BACAAN INJIL: Lukas 13:22-30

Dalam perjalanan-Nya ke Yerusalem Yesus berkeliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa sambil mengajar. Maka bertanyalah orang kepada-Nya, “Tuhan, sedikit sajakah orang yang diselamatkan?” Jawab Yesus kepada orang-orang di situ, “Berjuanglah untuk masuk melalui pintu yang sempit itu! Sebab Aku berkata kepadamu, Banyak orang akan berusaha untuk masuk, tetapi tidak akan dapat. Jika tuan rumah telah bangkit dan menutup pintu, kamu akan berdiri di luar, dan mengetuk-ngetuk pintu sambil berkata: Tuan, bukakan kami pintu! Tetapi Ia akan berkata, Aku tidak tahu dari mana kamu datang. Maka kamu akan berkata, Kami telah makan dan minum di hadapan-Mu, dan Engkau telah mengajar di jalan-jalan kota kami. Tetapi ia akan berkata kepadamu: Aku tidak tahu dari mana kamu datang. Enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu sekalian yang melakukan kejahatan! Di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi, apabila kamu akan melihat Abraham dan Ishak dan Yakub dan semua nabi ada di dalam Kerajaan Allah, tetapi kamu sendiri dicampakkan ke luar. Dan orang akan datang dari Timur dan Barat, dari Utara dan Selatan, dan mereka akan duduk makan di dalam Kerajaan Allah. Dan ingatlah, ada orang yang terakhir yang akan menjadi terdahulu, dan ada orang yang  terdahulu yang akan menjadi terakhir.”

RENUNGAN

Pada hari Minggu biasa Ke-21 ini, Yesus memberitahukan kepada kita tentang orang-orang yang akan menerima keselamatan. Orang-orang yang akan diselamatkan haruslah mau berjuang dan berusaha keras untuk mendapatkannya. Keselamatan itu tidak datang begitu saja, tetapi kita perlu berjuang. Kita berjuang mengalahkan diri sendiri dan kemudian mau mengikuti jalan yang Tuhan kehendaki bagi kita; mau menanggalkan ambisi-ambisi pribadi yang sesat dan sesaat lalu memilih bersekutu dengan Tuhan dalam seluruh hidup kita. 

Tentu tidak mudah. Kita akan menghadapi aneka godaan, rintangan, kesulitan, dan tantangan baik dari dalam diri kita sendiri, orang-orang di sekitar kita, maupun dari sistem dan aturan yang ada. Namun, Tuhan kita adalah Tuhan yang Mahabaik. la tak akan membiarkan kita berjuang sendirian. la menyertai kita sampai akhir zaman. Di kala kita putus asa, Dia hadir memberi kita semangat dan pengharapan. Di kala kita jatuh, Dia hadir menolong kita. Dia selalu beserta kita.

Allah Yang Mahasetia, semoga dengan kuasa Roh Kudus-Mu kami selalu ingat dan tanpa henti berusaha untuk mendapatkan keselamatan meskipun harus berrjuang dan menghadapi aneka tantangan. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 21 AGUSTUS 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel