RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 6 AGUSTUS 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU, 6 AGUSTUS 2022

PEKAN BISA XVIII

PESTA YESUS MENAMPAKAN KEMULIAAN-NYA (PUTIH)

BACAAN I: Dan. 7:9-10.13-14;

Mzm. 97:1-2.5-6.9;

BACAAN II: 9:28b-36

Yesus membawa Petrus, Yohanes dan Yakobus, lalu naik ke atas gunung untuk berdoa. Ketika Ia sedang berdoa, rupa wajah-Nya berubah dan pakaian-Nya menjadi putih berkilau-kilauan. Dan tampaklah dua orang berbicara dengan Dia, yaitu Musa dan Elia. Keduanya menampakkan diri dalam kemuliaan dan berbicara tentang tujuan kepergian-Nya yang akan digenapi-Nya di Yerusalem. Sementara itu Petrus dan teman-temannya telah tertidur dan ketika mereka terbangun mereka melihat Yesus dalam kemuliaan-Nya: dan kedua orang yang berdiri di dekat-Nya itu. Dan ketika kedua orang itu hendak meninggalkan Yesus, Petrus berkata kepada-Nya: "Guru, betapa bahagianya kami berada di tempat ini. Baiklah kami dirikan sekarang tiga kemah, satu untuk Engkau, satu untuk Musa dan satu untuk Elia." Tetapi Petrus tidak tahu apa yang dikatakannya itu. Sementara ia berkata demikian, datanglah awan menaungi mereka. Dan ketika mereka masuk ke dalam awan itu, takutlah mereka. Maka terdengarlah suara dari dalam awan itu, yang berkata: "Inilah Anak-Ku yang Kupilih, dengarkanlah Dia." Ketika suara itu terdengar, nampaklah Yesus tinggal seorang diri. Dan murid-murid itu merahasiakannya, dan pada masa itu mereka tidak menceriterakan kepada siapapun apa yang telah mereka lihat itu.

RENUNGAN:

Pada hari ini, kita merayakan Pesta Kemuliaan Tuhan. Peristiwa itu terjadi ketika Yesus sedang berdoa di atas gunung. Wajah Yesus berubah, pakaian-Nya berkilau-kilauan, dan tampak juga Nabi Musa dan Elia. Pada hari yang penuh kegembiraan dan keagungan ini, iman kita semakin diteguhkan bahwa Yesus adalah Anak Allah dan kita juga disadarkan bahwa doa sebagai sarana kita untuk berkomunikasi dengan Tuhan mampu membawa perubahan dalam hidup kita.

Ketika kita sedang berdoa, hati kita terasa lebih tenang, pikiran lebih jernih, emosi lebih stabil, dan kita lebih dekat dengan Tuhan. Dalam suasana doa tersebut kita juga akan mampu melihat hidup kita secara lebth bijak. Kita mensyukuri hal-hal baik yang kita miliki dan menyesali serta ingin mengubah hal-hal yang buruk dalam diri kita. Doa akan membuat hidup kita selalu berubah ke arah yang lebih. Jika hal ini yang terjadi, maka sebagai orang beriman kita juga akan mengalami kemuliaan. Artinya dengan doa, hidup kita akan semakin berkenan di hadapan Allah, kehadiran kita bisa menjadi berkat bagi sesama, dan kita bisa turut membangun hidup bersama yang lebih baik. Doa membuat kita selalu bersyukur. Orang yang tidak bersyukur pasti tidak berdoa. 

Allah Bapa Yang Maharahim, semoga kami menjadi pribadi-pribadi yang selalu bersyukur. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 6 AGUSTUS 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel