RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 3 SEPTEMBER 2022)

renungan harian


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU, 3 SEPTEMBER 2022

PEKAN BISA XXII

PW. St. Gregorius Agung (Putih)

BACAAN I: 1Kor. 4:9-15;

Mzm. 145:17-18.19-20.21;

BACAAN II: Lukas 6:1-5

Pada suatu hari Sabat, ketika Yesus berjalan di ladang gandum, murid-murid-Nya memetik bulir gandum dan memakannya, sementara mereka menggisarnya dengan tangannya. Tetapi beberapa orang Farisi berkata: "Mengapa kamu berbuat sesuatu yang tidak diperbolehkan pada hari Sabat?" Lalu Yesus menjawab mereka: "Tidakkah kamu baca apa yang dilakukan oleh Daud, ketika ia dan mereka yang mengikutinya lapar, bagaimana ia masuk ke dalam Rumah Allah dan mengambil roti sajian, lalu memakannya dan memberikannya kepada pengikut-pengikutnya, padahal roti itu tidak boleh dimakan kecuali oleh imam-imam?" Kata Yesus lagi kepada mereka: "Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat."

RENUNGAN:

Dalam tradisi Yahudi, hari Sabat adalah hari Tuhan. Hari yang dikhususkan untuk Tuhan. Segala bentuk pekerjaan harus dihentikan pada hari itu. Tindakan para murid Yesus yang memetik bulir gandum (lih. Luk. 6: 1) merupakan tindakan terlarang, karena dikategorikan sebagai pekerjaan oleh para Farisi. Mereka berkata: "Mengapa kamu berbuat sesuatu yang tidak diperbolehkan pada hari Sabat?" 

Jawaban Yesus sangat menarik karena mengundang orang-orang Farisi, para murid, dan kita yang membaca serta mendengarkan Injil hari ini untuk kembali bertolak akan makna hari Sabat, yakni hari untuk berdoa dan memuji Allah. Tindakan orang-orang Farisi memperlihatkan, alih-alih berfokus pada hari Allah, mereka malah berfokus pada kesalahan-kesalahan orang lain yang pada akhirnya pun menciderai hari Sabat itu sendiri. Jawaban Yesus pun sesungguhnya mengundang kita agar segala sesuatu yang kita perbuat, bahkan dalam tindakan sederhana keseharian, merupakan persembahan kita kepada Allah. 

Ya Allah, semoga kami semakin menyadari bahwa tindakan-tindakan kami sungguh menjadi persembahan kami kepada-Mu. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 3 SEPTEMBER 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel